Kawaii Beauty Japan

Health

Penting! Ketahui Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks Sedini Mungkin

Kanker serviks adalah salah satu penyakit mematikan di dunia bagi wanita. Kenali penyebab dan gejalanya sedini mungkin agar terhindar dari kanker yang menyerang mulut rahim ini.

Santi Berlinawati

Ladies, tahukah kamu tanda-tanda seorang wanita terjangkit penyakit kanker serviks? Apa saja  yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul? Seperti pada kanker lainnya, semakin dini penyakit ini diketahui, semakin ringan pula penanganannya. Sayangnya, gejala kanker serviks terlihat jelas pada saat penyakit sudah memasuki stadium lanjut.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi wanita untuk melakukan pap smear. Selain untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks, rutin melakukan pap smear juga sangat bermanfaat sebagai tindakan pencegahan bagi kesehatan organ reproduksi wanita. Inilah penyebab dan gejala kanker serviks.

Apa Saja Penyebab Kanker Serviks?

Perhatikan penyebab dan faktor-faktor pemicu terjadinya kanker serviks berikut ini:

Human Papilloma Virus (HPV)

Virus ini merupakan penyebab utama kanker serviks. HPV mudah sekali pindah. Tidak hanya melalui hubungan seksual, namun juga melalui sentuhan kulit dan kontak dengan media lainnya yang sudah terkontaminasi virus ini. Misalnya saja, menggunakan toilet umum yang sudah terkena HPV, dan kurang bersih dalam membersihkan organ intim.

BACA JUGA: Sudah Tahukah Kamu Mengenai 7 Penyebab Kanker Payudara Ini?

Faktor Peningkat Resiko Kanker Serviks

Sering Berganti-ganti Pasangan

Sering berganti pasangan menaikkan resiko tertularnya virus HPV melalui hubungan seksual, yang bisa berakibat terjadinya kanker serviks.

Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Melemahnya sistem kekebalan tubuh bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya saja karena konsumsi jenis obat tertentu, seperti imunosupreson untuk penderita HIV/AIDS atau orang-orang yang akan menerima donor organ.

Daerah Kewanitaan Kurang Bersih

Faktor kebersihan juga ikut andil dalam memperbesar resiko penularan virus HPV, terutama bagi mereka yang sering menggunakan toilet umum. Penggunaan toilet duduk di tempat umum sebaiknya diwaspadai karena jenis toilet ini lebih mudah menularkan penyakit melalui kontak langsung dengan dudukan toilet.

BACA JUGA: Inilah Alasan Toilet Jongkok Lebih Baik!

Ibu Hamil Konsumsi Obat DES

Ibu hamil yang mengkonsumsi obat DES bisa meninggalkan efek samping pada anaknya kelak, yaitu terkena kanker serviks. Masih berkaitan dengan kehamilan, wanita yang memiliki lebih banyak anak juga lebih rentan terkena kanker serviks. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormon di saat hamil, yang melemahkan daya tahan leher rahim terhadap serangan HPV.

Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi paru-parumu. Merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker serviks. Zat kimia yang terkandung dalam rokok akan meningkatkan resiko kanker serviks hingga 2 kali lipat.

BACA JUGA: 8 Cara Buat Pasangan Kamu Berhenti Merokok

Kenali Gejala Kanker Serviks Berikut Ini

Meskipun sulit dideteksi, namun gejala-gejala berikut ini bisa menunjukkan kemungkinan adanya kanker serviks:

  • Keputihan dan keluar cairan dari organ kewanitaan dengan warna dan bau yang tidak biasa secara terus menerus.
  • Berubahnya siklus menstruasi, seperti waktu menstruasi yang lebih lama dari biasanya selama 3 bulan lebih, atau darah menstruasi yang sangat deras.
  • Ketika berhubungan intim merasa sakit.
  • Nyeri punggung, panggul, dan tulang dikarenakan pembengkakan pada ginjal.
  • Hilangnya nafsu makan sehingga berat badan turun drastis.
  • Perubahan pada frekuensi kencing (lebih sering atau lebih susah) karena terjadi gangguan pada ginjal.
  • Perdarahan, termasuk darah yang tampak pada urin.
  • Kaki bengkak

Tindakan pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, perbaiki gaya hidupmu dan selalu jaga kebersihan!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait