Kawaii Beauty Japan

Diet

Langsing Dan Bugar Dalam Sebulan Dengan Jalan Kaki

Siapa bilang punya badan ideal harus nge-gym setiap hari? Cukup dengan jalan kaki, ternyata juga bisa. Latihan jalan kaki berikut ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan, hanya dalam 1 bulan.

Santi Berlinawati

Jalan kaki selain menyehatkan, juga merupakan salah satu olahraga paling mudah dan murah. Siapa saja tentunya bisa melakukan hal yang satu ini, termasuk kamu. Tahukah kamu, bahwa latihan jalan kaki yang terprogram, terbukti bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang cukup singkat.

BACA JUGA: Ingin Sehat dan Bugar, Tapi Tidak Punya Waktu? Coba 7 Jalan Pintas Ini!

Penasaran seperti apa program latihannya? Yuk ikuti program latihan jalan kaki ini untuk turunkan berat badan.

Minggu 1, Latihan 4x @25-40 Menit

Di hari pertama, kamu bisa mengawali dengan berjalan kaki selama 25 menit. Hari berikutnya, tambahkan 5 menit lagi untuk membakar lebih banyak kalori. Tambahkan kecepatan setiap kali berjalan, namun tidak perlu sampai terengah-engah. Usahakan kamu hanya sedikit saja terengah-engah, dan masih bisa berbicara seperti biasa sambil berjalan.

Pada tahap ini, kamu akan membakar 21 sampai dengan 28 kalori setiap kali berjalan kaki. Kalau kamu memulai dengan 25 menit pada hari pertama, maka di akhir minggu pertama, waktu latihanmu sudah menjadi 40 menit.

Minggu 2, Latihan 4x @30 Menit

Menginjak minggu kedua, latihan mulai ditingkatkan dengan langkah-langkah yang lebih cepat lagi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan pemanasan sebelum latihan agar tidak kram.

Berjalanlah dengan cepat dan semakin cepat, sampai seperti hampir berlari. Dari skala 1 sampai 10, lakukan pada skala 8 atau 9 (saat ini kamu sudah mulai terengah-engah dan sulit berbicara sambil berjalan). Kemudian perlambat menjadi skala 4 atau 5 (kamu akan lebih mudah bernapas). Agar lebih mudah, ikuti jadwal berikut ini:

Hari 1 dan 3

Mulai dengan level 4 atau 5 selama 10 menit. Kemudian naikkan kecepatan menjadi level 8 atau 9 selama 20 detik, turunkan lagi ke level 4 atau 5 selama 40 detik untuk recovery. Ulangi sebanyak 12 kali, sebelum pendinginan selama 8 menit.

Hari 5 dan 7 

Mulai dengan level 4 atau 5 selama 10 menit. Kemudian naikkan kecepatan selama 30 detik, turunkan lagi kecepatan selama 30 detik untuk recovery. Ulangi sebanyak 12 kali, sebelum pendinginan selama 8 menit.

Minggu 3, Latihan 4x @30 Menit

Minggu ini, kombinasikan latihanmu dengan gerakan ketangkasan atau keseimbangan. Setelah melakukan pemanasan selama 10 menit, lakukan gerakan ketangkasan selama kurang lebih 30 detik, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 90 detik.

Lakukan kombinasi gerakan ini sebanyak 5 kali atau lebih jika memungkinkan. Akhiri latihan dengan 10 menit jalan kaki cepat, dan perlambat sampai dengan pendinginan di akhir sesi latihan.

Minggu 1, Latihan 4x @25-40 Menit (2x Dengan Latihan Kekuatan)

Sekarang, saatnya melengkapi latihanmu dengan latihan kekuatan untuk membentuk lengan, punggung, dan pundakmu. Lakukan gerakan tambahan ini sebanyak dua kali saja dalam seminggu. Kamu bisa menyisipkan 4 macam gerakan di tengah atau di akhir sesi 30 menit jalan kaki.

Namun, sebaiknya kamu tidak melakukan latihan ini berturut-turut. Setidaknya selingi 1 hari untuk beristirahat. Untuk 2 latihan lainnya, pilih salah satu jenis latihan dari minggu-minggu sebelumnya dengan fokus pada jarak, kecepatan, dan ketangkasan.

Agar latihanmu berhasil, kombinasikan juga dengan pola makan yang lebih sehat. Selamat mencoba!

BACA JUGA: 5 Menu Diet Favorit ala Wanita Jepang

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait