Foto 5 Macam Mie Jepang Yang Mendunia

5 Macam Mie Jepang Yang Mendunia

Foto BeautyAsti1
Tidak hanya teknologi nya saja yang mendunia, Jepang juga menjadi salah satu pusat kuliner dunia. Salah satu kuliner khas Jepang yang mendunia adalah mie.

Bicara tentang Negeri Jepang, selain terkenal dengan bunga sakura, Jepang juga terkenal dengan makanannya. Mulai dari makanan yang memiliki rasa antimainstream, kemasan yang unik, cara masak yang unik, sampai rasanya yang enak, dan salah satunya adalah mie. 

Banyak sekali makanan Jepang yang menggunakan mie sebagai bahan dasar. Coba ingat-ingat berapa jenis mie ala Jepang yang pernah kamu coba? Mungkin kamu tidak ingat apa saja, karena terlalu banyak. Yuk! kenali 5 macam jenis mie Jepang tang populer di dunia: 

Ramen

Ramen 

Mie ramen adalah mie Jepang yang paling terkenal, mie ini nikmat disajikan panas, biasanya disajikan dengan kuah panas (Shoyu Ramen), kuah dingin (Hiyashi huka), maupun ramen goreng (Yakisoba)Ramen mempunyai banyak varian rasa tergantung dari daerah mana ramen itu berasal. Maka dari itu mie ramen mempunyai banyak nama seperti Yokohama ramen, Tokyo ramen, Kitakata ramen, Hakata ramen, dan sebagainya. Setiap daerah mempunyai khas ramen sendiri, mulai dari perbedaan toping, kuah, dan ketebalan mie nya.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Makan Mie Instan yang Sehat!

 

Soba

Soba

Mie soba terbuat dari gandum hitam dan tepung terigu yang nikmat disajikan panas dan berkuah (Kitsune Soba, Tanuki Soba, dll), kuah dingin (Zaru Soba, Soba Maki, dll), maupun mie kering (Yakisoba). Sama seperti ramensoba mempunyai banyak nama tergantung sajian berkuah dingin atau berkuah panas dan toppingnya. 

 

Udon

Udon 

Mie yang mempunyai khas dengan ketebalan 4-6mm ini, nikmat disajikan berkuah maupun kering. Ada yang disajikan panas (Wakame Udon, Kare Udon, dll), kuah dingin (Zaru Udon, Hadaka Udon, dll), maupun kering tanpa kuah (Yaki Udon, dll). Topping dan rasa kuah udon juga bervariasi tergantung daerah dimana Udon ini dibuat. Udon biasa dikonsumsi di musim dingin di Jepang.

 

Somen

Somen

Jenis mie Jepang yang paling tipis yang mirip dengan soun atau bihun di Indonesia. Mie yang satu ini sangat populer di konsumsi di musim panas. Maka dari itu, Somen biasanya disajikan dingin memakai es agar bisa membuat kita merasa dingin saat memakannya. Beberapa restaurant di Jepang menyajikan Somen diatas bamboo panjang yang berkuah air dingin dan diambil memakai chopstick, yang disebut dengan Nagashi Somen

 

Shirataki

Shirataki

Mie yang terbuat dari Konnyaku (semacam umbi-umbian yang di fermentasi menjadi nata de coco tetapi tidak mempunyai rasa), atau jelly ini, biasa juga disajikan sebagai toping, maupun teman sajian makanan khas lainnya. Shirataki mengandung serat baik, rendah karbohidrat, dan glutten-free sehingga populer di beberapa negara sebagai salah satu makanan sehat.


Itulah beberapa jenis mie jepang yang mendunia, manakah di antara ke-5 mie Jepang ini yang pernah kalian makan? Atau berminat mencicipi salah satu jenis mie tersebut?


Selamat makan

BACA JUGA: 5 Jajanan Khas Festival Jepang Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Tags:

Foto BeautyAsti1

BeautyAsti1

A wife at home & a blogger at www.beautyasti1.com

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini