Foto Stop Bawa Smartphone Ke Tempat Tidur! Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Stop Bawa Smartphone Ke Tempat Tidur! Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Tidak bisa tidur kalau tidak ditemani smartphonemu? Wow, sebaiknya kamu pikirkan lagi karena ternyata membawa smartphone ke tempat tidur bisa menyebabkan gangguan tidur.

Gangguan tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun, akhir-akhir ini gangguan tidur sering diasosiasikan dengan kebiasaan menggunakan gadget dan smartphone, terutama ketika akan tidur.

Hal ini semakin diperkuat dengan hasil studi yang dilakukan oleh ilmuwan Norwegia terhadap 9.846 orang remaja berusia 16 sampai 19 tahun. Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis BMJ Open menunjukkan hubungan yang kuat antara penggunaan smartphone dan gadget dengan gangguan tidur.

Inilah 4 alasan kenapa kamu harus jauhkan smartphone dari tempat tidurmu:

Pola tidur terganggu

Ketergantungan Pada Smartphone Akan Ganggu Pola Tidurmu

Survei yang dilakukan di Norwegia tersebut mendata tingkat penggunaan gadget sehari-hari dan pola tidur remaja-remaja itu. Hasilnya adalah apa yang biasa disebut dengan “dose-response relationship”, yang menunjukkan bahwa semakin besar ketergantunganmu pada gadget, semakin besar resikomu untuk terkena gangguan tidur.

Dalam jurnal yang ditulis oleh para ilmuwan Norwegia itu disebutkan bahwa selama 1 jam terakhir sebelum tidur, hampir semua remaja menggunakan satu atau dua gadgetnya. Tingkat pemakaian gadget erat kaitannya dengan SOL atau sleep onset latency, yaitu waktu yang diperlukan sebelum akhinya seseorang tertidur, serta kurangnya tidur.

BACA JUGA: Mengalami Kesulitan Tidur? Ikuti Tips Sederhana Ini! (2)

Layar LED smartphone

Layar LED Smartphone Kurangi Hormon Tidur

Ada masalah apa sebenarnya dengan layar LED? Ladies, jangan meremehkan efek layar smartphone yang selalu kamu tatap selama berjam-jam setiap harinya. Penelian-penelitian menunjukkan bahwa blue light atau cahaya biru yang terpancar dari layar LED dapat mengganggu produksi hormon tidur melatonin pada otak.   

Itulah kenapa Google mengeluarkan aplikasi Twilight untuk Android, yang diklaim dapat menyesuaikan cahaya layar dengan cahaya matahari. Dengan aplikasi ini, smartphone akan secara otomatis mengurangi cahayanya di malam hari.    

Kualitas tidur berkurang

Radiasi Elektromagnetik Memperburuk Kualitas Tidur

Layar LED ternyata bukan satu-satunya penyebab gangguan tidur akibat penggunaan smartphone. Radiasi elektromagnetik juga disebut-sebut ikut andil dalam menyebabkan kualitas tidur kita berkurang.

Di samping itu, postur tubuh ketika menggunakan smartphone bisa juga mengakibatkan sakit kepala dan nyeri otot.

Social Media Addict

Otak Terstimulasi Oleh Internet Dan Media Sosial

Lebih jauh lagi, para ilmuwan tersebut menambahkan bahwa internet dan media sosial akan membuat otak semakin lelah. Tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana kamu bisa sampai lupa waktu karena asik browsing atau sekedar membuka laman facebook-mu semalaman.

Semua berita dari internet dan media sosial tersebut memberikan stimulasi berlebihan ke otakmu sehingga akan mengakibatkan gangguan tidur. Bahkan game ringan pun juga dapat menaikkan denyut jantungmu.

BACA JUGA: Jangan Keseringan Main Gadget! Bisa Fatal Akibatnya bagi Saraf Tangan

Aktifitas sebelum tidur

Tips Aktifitas Sebelum Tidur  

Mulai sekarang, stop membawa smartphone atau gadget lainnya ke tempat tidur. Kamu sudah menggunakannya seharian, inilah saat untuk meletakkannya. Sebagai gantinya, baca buku dengan tema-tema ringan sebagai pengantar tidur. Hindari membaca dari smartphone atau tablet karena akan menstimulasimu untuk melakukan hal-hal lainnya. Jika memang harus, gunakan night mode sehingga tidak terlalu silau.

Tahan dirimu untuk membuka facebook sebelum tidur. Tunda hingga pagi hari nanti. Ladies, yuk kurangi kebiasaan membawa smartphone ke tempat tidur! Percaya deh, banyak sekalli manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu mulai melakukannya sekarang.

BACA JUGA: Tidur Nyenyak ternyata Membuat Kamu Jauh Lebih Cantik!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makan Hamburg Lezat di Ishigamaya Restaurant

Makan Hamburg Lezat di Ishigamaya Restaurant

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani