Kawaii Beauty Japan

Skin Care

7 Cara Menyelamatkan Kulitmu dari Udara Dingin

Saat suhu udara menurun, kulitmu juga bisa menjadi kering dan bersisik. Tapi, sama seperti kamu mengganti baju saat udara berganti, kamu juga perlu mengganti rutinitas perawatan kulitmu

Yenni Octavia

Ketika musim hujan dan udara dingin datang, sebaiknya kamu segera mengambil sedikit tindakan pencegahan agar kulitmu tetap sehat. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Jadikan Pelembab sebagai Prioritas No.1

Berada di cuaca dingin, kelembaban yang rendah, dan panasnnya suhu dalam ruangan akan membuat kulitmu menjadi dehidrasi. Jika biasanya kamu memiliki kulit yang berminyak atau kombinasi, mungkin kamu bisa lolos dengan menggunakan pelembab yang sama dengan menaikkan frekuensi pemakaiannya 2 atau 3 kali sehari. Tapi jika kamu memiliki kulit yang sudah kering dan sensitif, berhati – hatilah, sebaiknya kamu memilih pelembab yang lebih kaya akanmoisturizer dari pelembabmu yang biasa.

Hindari Penggunaan Toner

Seperti kamu menyimpan beberapa bajumu untuk sementara, kamu juga bisa menyimpan tonermu untuk sementara. Toner cenderung membuat kulitmu kering, dan tentunya itu bukan yang kamu inginkan di tengah cuaca dingin.

Hindari Kandungan Alkohol

Tinggalkan semua yang memiliki kandungan alkohol atau memiliki aroma, setidaknya sampai cuaca dingin berakhir. Karena alkohol akan semakin mengeringkan kulitmu dan wewangian adalah salah satu penyebab utama alergi kulit dan sensitivitas.

Lakukan Scrub dengan Bijaksana

Pengelupasan kulit sering yang terjadi saat cuaca dingin rupanya cukup riskan, kamu tentu ingin beberapa kulit mengelupas untuk mengangkat sel – sel kulit mati, tapi tentu kamu juga tidak ingin itu terlalu agresif dan mengiritasi kulit. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering melakukan scrub. Jika biasanya kamu melakukan 2-3 kali seminggu, sekarang lakukanlah 1 kali dalam seminggu sampai cuaca dingin selesai dan kamu bisa kembali ke rutinitas seperti semula.

Ubahlah Rutinitas Mencuci Mukamu

Jika biasanya kamu mencuci muka 2 kali sehari menggunakan sabun pencuci muka, hentikanlah salah satunya saat cuaca dingin. Gantilah salah satunya dengan hanya mencuci muka menggunakan air. Karena ketika kulitmu menjadi kering dan sensitif, akan menjadi lebih mudah teriritasi. Jika kamu menggunakan cream wajah dari dokter, hentikan beberapa saat sampai cuaca kembali normal. Biasanya cream dari dokter memiliki kandungan yang membuat kulit semakin kering, jadi gantilah dengan produk yang memiliki formula yang lebih ringan.

Perhatikan Waktu Mandimu

Saat kulitmu terasa kering tentu mandi menjadi godaan yang cukup besar, berlama – lama di dalam kamar mandi selama 1 jam merupakan ide yang buruk. Karena mandi terlalu lama bisa membuat molekul dalam kulit ikut menguap bersama air yang menempel pada kulitmu. Jadi, sebaiknya kamu cukup mandi 10 – 15 menit, keringkan dengan handuk dan segeralah oleskan pelembab untuk mengunci kelembabannya.

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait