Kawaii Beauty Japan

Makeup

Bersihkan Makeup Dengan Mudah Menggunakan Minyak Zaitun

Kini tidak perlu repot membersihkan sisa makeup di wajah. Cukup gunakan minyak zaitun untuk menghilangkan sisa makeup secara tuntas.

Atisatya Arifin

Siapa yang tidak kenal minyak zaitun atau lebih kamu kenal dengan olive oil? Minyak yang dihasilkan dari perasan buah zaitun ini sangat termasyhur sebagai minyak multifungsi. Minyak ini tidak hanya digunakan sebagai bahan campuran makanan seperti salad, namun juga banyak digunakan dalam dunia kecantikan.

BACA JUGA: Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini dikarenakan kandungan vitamin E minyak zaitun yang tinggi, sehingga tidak heran kalau para produsen produk kecantikan berlomba-lomba mengeluarkan produk yang mengandung minyak zaitun. Dari sekian banyak kegunaan minyak zaitun, salah satunya adalah untuk membersihkan wajah dari sisa makeup atau sebagai makeup remover. 

Membersihkan wajah dengan menggunakan minyak zaitun ternyata lebih efektif mengangkat sisa makeup dibandingkan dengan menggunakan air lho. Apalagi jika kita menggunakan makeup yang bersifat waterproof karena minyak zaitun tersebut akan melarutkan minyak, riasan, dan sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal di pori-pori wajah secara tuntas. Jangan takut menggunakan minyak di wajah. Minyak tidak menjadikan wajah jerawatan atau bernoda.

Dengan cara yang tepat, minyak justru dapat membersihkan wajah kita dari kotoran, sisa kosmetik, dan debu yang terakumulasi dengan minyak alami yang keluar dari kulit kita. Jadi, cara kerjanya adalah minyak yang bersih akan mengangkat minyak yang kotor. Ini adalah prinsip ‘bekerja sama’ dengan sistem alami tubuh kita. Selain itu, menggunakan minyak zaitun sebagai makeup remover tidak akan menyebabkan kulit iritasi atau kerin dan aman untuk digunakan.

Berikut adalah langkah membersihkan sisa makeup menggunakan minyak zaitun:

  1. Tuangkan minyak zaitun secukupnya ke telapak tangan, gosok minyak menggunakan jari tangan agar minyak menjadi hangat. Minyak zaitun yang hangat lebih efektif mengangkat sisa-sisa makeup yang menempel pada wajah.
  2. Usapkan minyak zaitun pada wajah dan pijat dengan gerakan memutar ke arah luar. Lakukan dengan perlahan dan lembut hingga makeup terangkat. 
  3. Karena sifatnya yang lembut, minyak zaitun ini juga bisa digunakan untuk membersihkan riasan mata seperti eye shadow, eye liner, dan maskara. Kamu bisa menggunakan jari tangan atau kapas yang telah diberi minyak zaitun. Oya, jangan mengusap terlalu keras ya karena kulit di sekitar mata sangat tipis dan sensitif.
  4. Basuh wajah dengan handuk yang halus (washlap) yang telah dicelupkan ke air hangat. Air yang hangat akan membuka pori-pori wajah sehingga mampu melepaskan minyak yang sudah membawa semua kotoran sisa makeup. Ulangi tahap ini sampai wajah benar-benar bersih. 
  5. Basuh wajah dengan air dingin Untuk menutup kembali pori. Setelah itu kamu bisa membersihkan wajah menggunakan facial foam agar wajah benar-benar bersih. 

Voila! Kini wajah kamu sudah bersih dari sisa makeup dan kotoran. Tidak hanya itu, wajah pun menjadi lembab, kenyal dan lembut dalam waktu cukup singkat. Nah, mudah bukan? Menggunakan minyak zaitun sebagai makeup remover akan menambah kecantikan kulit dan sekaligus memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit wajah menjadi sehat.

Selamat mencoba!

BACA JUGA: Lulur Olive Oil Ala Rumahan

Tagged in:
Atisatya Arifin
A beauty blogger wannabe - An EFL teacher - A multi-tasking mom
Share this article

Artikel Terkait