Kawaii Beauty Japan

Diet

Pilihan Menu Sarapan yang Tepat Untuk Diet Sukses

Apa yang kita makan pada pagi hari memiliki efek yang cukup signifikan terhadap diet kita. Menu berikut ini sangat baik untuk mendukung program penurunan berat badanmu.

Santi Berlinawati

Agar sukses menurunkan berat badan, penting sekali untuk memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Apalagi menu sarapan pagi. Jika tidak hati-hati, bisa mengacaukan program dietmu.

Perlukah Sarapan Pagi?

Perlunya sarapan pagi sebelum beraktifitas masih diperdebatkan. Namun cukup banyak studi yang memperlihatkan pentingnya sarapan pagi untuk meningkatkan metabolisme tubuh kita. Saat yang paling tepat untuk sarapan adalah 30 sampai 60 menit setelah bangun tidur. Jadi jangan terlalu lama menunda sarapan pagimu. Sarapan pagi mencegah rasa lapar dan menyediakan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas di pagi hari yang cukup menyibukkan.

Namun, bagaimana dengan mereka yang sedang menjalani program diet? Tidak perlu khawatir karena sarapan pagi dapat disiasati dengan menu-menu yang mendukung program diet, sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Menu apa sajakah itu? Yuk, intip! menu-menu sarapan pagi yang bisa membantumu turunkan berat badan:

Smoothie Buah Dan Sayur

Buah dan sayur dapat dijadikan andalan untuk membantu program diet karena jenis makanan ini selain kaya nutrisi, juga cukup mengenyangkan. Jika kamu tidak terbiasa makan di pagi hari, kamu bisa mencoba smoothie buah dan sayur sebagai ganti makanan padat lainnya. Mengkonsumsi smoothie buah dan sayur di pagi hari memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga mencegah kita menyantap camilan.

BACA JUGA: RESEP: Healthy Smoothies agar Tubuh Lebih Sehat!

Susu Atau Yogurt

Sumber makanan dan minuman yang sangat bagus sebagai menu sarapan pagi adalah yang memiliki kandungan tinggi protein, seperti susu atau yogurt. Mengkonsumsi protein di pagi hari akan menghindarkanmu dari rasa lapar, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan pada saat makan siang. Pilih susu low fat dan plain yogurt untuk program penurunan berat badanmu.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein paling tinggi di antara sumber-sumber protein lainnya. Seorang wanita yang memilih telur sebagai menu sarapan paginya akan tetap merasa kenyang sepanjang hari, sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi pun sedikit. Meskipun jumlah kalori yang dikonsumsi tidak banyak, namun protein tetap menyediakan energi yang mencukupi untuk beraktifitas seharian.

Protein memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat menghilangkan rasa lapar meskipun tidak banyak makan.Berdasarkan studi, mereka yang mengkonsumsi telur pada saat sarapan akan berhasil menurunkan berat badannya dua kali lipat lebih banyak.  

BACA JUGA: Manfaat Telur Untuk Tubuh Dari Ujung Rambut Sampai Kuku Kaki

Pisang

Buah pisang cukup mudah untuk didapatkan. Buah yang satu ini sangat baik untuk pencernaan, serta mengenyangkan. Mengkonsumsi pisang pada saat sarapan pagi juga merupakan salah satu alternatif mudah agar perut tidak mudah lapar, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. 

Menu sarapan pagi ini akan menemani program penurunan berat badanmu agar berhasil. Selamat mencoba!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait