Foto Minum Teh Setelah Makan Ternyata Dapat Mengganggu Pencernaan

Minum Teh Setelah Makan Ternyata Dapat Mengganggu Pencernaan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Hindari minum teh setelah makan karena bisa mengganggu proses pencernaan. Berikut ini adalah 5 hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan agar terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan.

Ladies, ternyata bukan hanya menu makanan yang perlu diperhatikan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang memadai. Menjaga proses pencernaan agar berjalan dengan baik juga sangat penting. Ada kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari untuk meningkatkan kualitas kerja organ pencernaan. Berikut ini adalah 5 di antaranya.

Hindari Konsumsi Buah

Setiap jenis makanan memiliki waktu yang berbeda pula untuk dicerna oleh tubuh. Buah termasuk salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Mengkonsumsi buah setelah makan akan membuatnya tinggal lebih lama di dalam lambung sehingga dapat menimbulkan gas.

Yang lebih tepat adalah mengkonsumsi buah satu sampai dua jam sebelum makan. Selain baik untuk proses pencernaan, hal ini juga bisa mencegah kita makan terlalu banyak pada saat makan. Trik yang sangat tepat khususnya buat kamu yang sedang diet.

Jangan Terlalu Banyak Minum Air

Sebaiknya batasi minum air ketika sedang makan dan setelah makan. Jumlah air yang terlalu banyak di dalam lambung dapat menaikkan asam lambung, sehingga perut terasa tidak nyaman bahkan sesak. Selain itu, air juga bisa mengencerkan enzim, sehingga tubuh harus bekerja lebih keras selama proses pencernaan.

Salah satu cairan yang justru dapat meningkatkan kerja organ pencernaan adalah teh jahe. Jahe bisa membuat makanan bergerak dari lambung ke usus halus dengan lebih cepat. Terlebih lagi, jahe juga bisa membantu kram perut dan merangsang pembentukan enzim pencernaan.

BACA JUGA: 3 Cara Kerja Jahe yang Dapat Membantu Menyukseskan Program Diet Kamu

Tunggu 1 Jam Sebelum Pergi Tidur

Jangan langsung tidur seusai makan karena hal tersebut dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan kembung. Apalagi tidur telentang, yang akan membuat makanan masuk langsung ke dalam kerongkongan sehingga dada terasa terbakar. Sediakan waktu minimal satu jam setelah makan agar makanan dipecah dahulu di dalam organ pencernaan. Setelah itu, kamu boleh tidur dengan pulas tanpa rasa tidak nyaman.

Jangan Langsung Berolahraga

Tidak hanya untuk aktifitas fisik, ternyata tubuh juga memerlukan energi untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Langsung berolahraga setelah makan akan membuat tubuh kekurangan energi untuk memproses makanan di dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan diare, kram perut, serta pusing-pusing. Tunggu hingga 30 menit, kemudian mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan santai. Selain akan membakar kalori, hal ini juga dapat memperlancar kerja organ pencernaan.

Hindari Minum Teh

Minuman teh memiliki kandungan tanin dan polifenol yang bisa mengikat zat besi dari makanan yang dikonsumsi, serta mengakibatkan tubuh sulit menyerap zat tersebut. Hal ini cukup merugikan khususnya bagi anak-anak dan wanita hamil yang sangat membutuhkan asupan zat besi. Di samping itu, sifat asam dari daun teh juga bisa mengganggu kinerja organ pencernaan.

BACA JUGA: Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati! Bisa Bahaya buat Ginjal Lho!

Mulailah perbaiki kebiasaanmu setelah makan agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, serta terhindar dari masalah-masalah pencernaan!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini