Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Si Kulit Berminyak

Tidak mau pakai moisturizer karena takut wajah semakin berminyak? Suka cari pembersih wajah yang dapat menghilangkan minyak di wajah? Yakin langkah ini sudah benar?

Leonita Nerisa

Mempunyai jenis kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu masalah tersendiri. Kulit berminyak ditandai dengan pori-pori besar dan produksi minyak di kulit yang berlebihan. Hal itu tentunya membuat wajah kita kelihatan mengkilap dan kusam. Pastinya berbagai cara sudah pernah kita coba untuk mengurangi kadar minyak di wajah.

Ternyata, banyak kesahalan yang kita buat dan akhirnya membuat kulit kita semakin berminyak bahkan bermasalah lho! Berikut ini adalah lima kesalahan yang sering dilakukan kamu yang memiliki kulit berminyak.

Pembersih Wajah

Mempunyai kulit berminyak biasanya kita akan memilih pembersih wajah untuk kulit berminyak, Ternyata pembersih wajah untuk kulit berminyak kebanyakan mengandung sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, atau ammonium laureth sulfate yang bekerja untuk menghentikan produksi minyak dan membuat kulit menjadi kering. Sehingga pada akhirnya kulit akan memproduksi lebih banyak minyak.

Tidak Menjaga Kelembaban Kulit

Untuk jenis kulit yang berminyak, menjaga kelembaban kulit merupakan hal yang penting. Bila kulit kita kurang kelembabannya, kulit akan menjadi kering. Hal ini membuat kulit akan memproduksi semakin banyak minyak untuk menyeimbangkan kelembaban kulit. Ingat, kulit yang lembab artinya kulit yang sehat!

BACA JUGA: Pelembab, Sahabat Setia Kulit Wajahmu

Melewati Moisturizer

Sering melewati pelembap karena takut kulit semakin berminyak? Kamu salah besar kalau melakukan hal ini, ladies! Walaupun mempunyai kulit berminyak, kita wajib untuk tetap menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit. Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan kulit yang berminyak dan cepat menyerap.

Mencoba Mengurangi Minyak Secara Permanen

Pastinya hal ini pernah ada di pikiranmu atau bahkan kamu sudah mencobanya. Kita tidak bisa membersihkan kulit dari minyak secara permanen karena minyak diproduksi oleh wajah untuk menyeimbangkan kelembaban kulit kita, ladies. Jadi, buang jauh-jauh pikiran untuk mengurangi minyak secara permanen ya!

Stress 

Kondisi mental dan tubuh ternyata sangat berpengaruh ke kulit kita. Ketika kita stress dan banyak pikiran dapat menyebabkan produksi minyak di kulit semakin banyak. Makanya, jika diperhatikan ketika terlalu stress, biasanya akan timbul jerawat di wajah.Untuk mengurangi minyak yang berlebih tentunya kamu bisa mencoba untuk lebih santai dan rileks. Jangan terlalu memforsir diri untuk melakukan terlalu banyak kegiatan. Istirahat yang cukup juga dapat membantu mengurangi minyak pada wajah cantik kamu.

BACA JUGA: Stres dan Jerawat? Apa Hubungannya?

Jenis kulit yang berminyak merupakan jenis kulit yang paling lama mengalami penuaan lho! Jadi, buang jauh-jauh pikiranmu untuk “mengeringkan” minyak di wajah dan jangan lupa untuk menjaga kelembaban kulit wajahmu ya, ladies.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait