Foto Ingin Cantik dan Putih Seperti Wanita Jepang? Pilih Kosmetik Berbahan Dasar Ini!

Ingin Cantik dan Putih Seperti Wanita Jepang? Pilih Kosmetik Berbahan Dasar Ini!

Ingin tampil cantik dan putih seperti wanita Jepang? Coba deh tips-tips berikut yang bisa kamu aplikasikan agar kulitmu sehat dan cantik layaknya wanita Jepang!

Jepang terkenal dengan kecantikan wanitanya yang memiliki kulit halus, mulus, dan putih layaknya salju. Istilah Jepannya adalah Bihaku (美白) yang bermakna putih yang cantik. Istilah ini mulai muncul pada tahun 1990-an dan hingga saat ini masih menjadi pakem kecantikan bagi para wanita Jepang.

Produk bihaku (whitening) bekerja dengan mencegah terbentuknya melanin dan memberikan hasil akhir kulit yang bersih dan cerah.

Di Jepang, preferensi terhadap kulit yang putih dan bebas jerawat sudah ada selama berabad-abad lalu sebelum media Amerika dan Eropa masuk kesana. Bahkan ada peribahasa Jepang "iro no shiroi wa shichinan kakusu" yang berarti bahwa kulit yang putih mampu menutupi tujuh kekurangan wanita. Peribahasa tersebut kurang lebih mengatakan bahwa wanita dengan kulit putih akan dianggap cantik bahkan bila wajahnya tidak menarik.

Nah, apa saja sih bahan-bahan dasar untuk memutihkan kulit ala wanita Jepang?

Kotoran Burung (Uguisu No Fun)

Uguisu no fun merupakan bahan dasar tradisional yang telah digunakan sejak zaman Edo dan hingga kini masih digunakan oleh para wanita Jepang. Bahan unik ini pun banyak dikabarkan menjadi rahasia kecantikan para Geisha di Jepang.

Kotoran burung yang digunakan pun tidak sembarangan, hanya kotoran burung Bulbul yang dapat digunakan karena memiliki khasiat memutihkan kulit. Burung Bulbul sendiri umumnya mengonsumsi serangga, buah beri, dan biji-bijian organik.

Secara tradisional, umumnya kotoran akan diambil dari sarang kemudian dijemur di bahwa sinar ultraviolet untuk mensterilkannya dari bakteri. Kotoran tersebut kemudian akan dikeringkan dengan menggunakan mesin dehidrator. Setelah itu, kotoran tersebut akan dijemur di bawah sinar matahari selama dua minggu untuk disterilkan kembali. Kotoran yang sudah kering kemudian akan diubah menjadi serbuk putih halus dan dijual sebagai kosmetik.

Saat ini, sudah banyak dijual secara bebas produk kosmetik berbahan dasar uguisu no fun yang bisa digunakan sendiri di rumah. Tertarik mencoba?

Sake

Sake mengandung asam yang berfungsi mencerahkan kulit yang disebut Kojic acid. Kojic acid sendiri merupakan residu dari proses fermentasi beras yang dihasilkan oleh jamur (fungi). Asam ini mampu menghambat pigmentasi dan bekerja sebagai pemutih kulit, mencerahkan noda hitam, dan menghasilkan tone kulit secara keseluruhan yang lebih cerah.

Pada zaman Edo, Geisha umumnya sering berendam sake untuk menjaga kulit mereka tetap muda dan putih. Nah, pada saat ini, sudah cukup banyak produk kosmetik Jepang yang mengandung sake, salah satunya adalah SK-II yang menggunakan istilah "Pitera". 

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini