Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Oops! Ternyata Kesalahan Saat Mandi Ini Sering Dilakukan Wanita

Mandi merupakan bagian dari rutinitas yang dilakukan paling tidak sebanyak dua kali dalam sehari. Namun siapa sangka, ternyata banyak juga wanita yang belum mengetahui bagaimana cara mandi yang benar.

Santi Berlinawati

Pada umumnya ritual mandi dilakukan di pagi hari sebelum beraktifitas dan sore atau malam hari setelah selesai beraktifitas. Selain bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada seluruh bagian tubuh, mandi juga dapat berfungsi sebagai relaksasi serta menyegarkan kembali tubuh yang lelah.

Aktifitas mandi kelihatannya merupakan hal yang sepele. Akan tetapi, sudah benar-benar tahukah kamu bagaimana seharusnya mandi yang benar? Apakah bersih saja sudah cukup dijadikan tolak ukur? Ternyata tidak. Ternyata banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh wanita selama mereka mandi, dan berikut ini 5 di antaranya.

Keramas Tanpa Terlebih Dahulu Menyisir Rambut

Keramas tanpa terlebih dahulu menyisir rambut dapat membuat rambut rontok. Dengan menyisir rambut sebelum mencucinya, rambut tidak akan kusut sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa membuatnya rontok. Hal ini juga bisa mencegah rambut rusak, seperti rambut bercabang, pecah-pecah, dan kusam. Pilihlah sisir yang memiliki gigi jarang. Kamu juga bisa menggunakannya bersama kondisioner untuk menyisir rambut setelah keramas, jika rambutmu adalah jenis rambut yang mudah kusut. Jangan lupa bilas sampai bersih.

Keramas Setiap Hari   

Maksud hati ingin rambut selalu bersih, namun ternyata mencuci rambut setiap hari bukan merupakan solusi yang tepat. Semakin sering keramas, maka semakin banyak minyak yang akan diproduksi. Sehingga bukan rambut bersih yang didapat, melainkan rambut berminyak. Mencuci rambut sekali dalam dua atau tiga hari sudah cukup untuk menjaga rambut tetap bersih, sekaligus mengendalikan produksi minyak pada rambut agar tidak berlebihan. Namun, jika kamu tetap tidak bisa menghentikan kebiasaan ini, gunakan dry shampoo atau kondisioner untuk keramas setiap hari.

BACA JUGA: Apakah Kamu Salah dalam Memakai Sampo dan Kondisioner? Cek Disini

Sikat Gigi Di Saat Mandi

Sebagian besar dari kita menggosok gigi bersamaan dengan waktu mandi. Hal ini sebenarnya juga tidak tepat karena pada saat mandi, kita cenderung terburu-buru sehingga waktu yang diperlukan untuk gosok gigi dengan ideal jadi berkurang. Memisahkan aktifitas gosok gigi dan mandi akan membuat kita lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dengan lebih detail. Gosok gigi seharusnya dilakukan minimal selama dua menit, atau dengan bantuan sikat gigi elektrik.  

Terlalu Banyak Scrubbing

Scrubbing memang cukup efektif untuk membersihkan tubuh dan mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, scrubbing juga tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari karena justru akan membuat kulit memproduksi minyak secara berlebihan dan kulit semakin gampang kotor serta mudah tertempel bakteri. Selain itu, terlalu sering menggosok kulit juga akan menyebabkan iritasi pada kulit. Scrubbing sekali dalam seminggu sudah cukup untuk membersihkan kulit dari kotoran dan sel-sel kulit mati.

Mandi Air Panas

Meskipun menghangatkan, mandi air panas tidak bagus jika kamu sedang mengalami gangguan-gangguan tertentu pada kulit. Air panas akan membuat kulit kering dan pecah-pecah semakin parah. Namun jika kamu tidak bisa menghindarinya karena harus pulang larut malam setiap hari atau karena cuaca dingin, cegah hal tersebut dengan memilih sabun yang mengandung pelembab serta memakai lotion setelah mandi.  

BACA JUGA: Super Sento: Kebudayaan Mandi Modern Orang Jepang

Dengan memperbaiki cara mandimu, tubuh tidak hanya bersih namun juga sehat serta cantik.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy