Foto Konsumsi Makanan Ini Agar Cepat Sembuh Saat Sakit

Konsumsi Makanan Ini Agar Cepat Sembuh Saat Sakit

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Bukan hanya obat, makanan ternyata juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan seseorang ketika sakit. Makanan apa saja yang baik disantap ketika sakit? Intip yuk.

Pada saat sakit, nafsu makan biasanya akan berkurang. Padahal pada kondisi seperti ini, tubuh justru memerlukan lebih banyak asupan kalori agar berfungsi normal. Tubuh bekerja lebih keras untuk melawan infeksi dan mengatasi demam, sehingga energi yang dibutuhkan pun jauh lebih banyak. Oleh sebab itulah penting sekali untuk tetap makan dengan teratur selama sakit, karena jika tidak, hal tersebut akan memperlambat penyembuhan.

Salah satu trik agar asupan kalori tubuh tetap tercukupi di saat sakit adalah dengan memilih porsi makan sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering. Ada jenis makanan tertentu yang sangat baik dikonsumsi ketika sakit. Makanan-makanan ini akan menyediakan cairan dan energi yang sangat diperlukan untuk tetap kuat.

Jenis-jenis Makanan Terbaik Untuk Demam    

Langkah terbaik untuk menghalau demam adalah dengan minum banyak cairan dan makan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, seperti:

Kaldu

Sup ayam sangat berguna untuk meredakan demam. Daging ayam mengandung asam amino yang dapat mengatasi lendir pada paru-paru. Kaldu panas juga membantu hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan mengatasi radang tenggorokan.

BACA JUGA: Cantik dengan Sup Kaldu Tulang

Teh

Cairan yang hangat dapat meredakan sakit tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat. Minum teh hijau yang kaya akan antioksidan pembasmi infeksi, serta meningkatkan kekebalan tubuh pada saat demam atau flu. Campuran air panas dan lemon juga sangat bagus untuk menjaga cairan tubuh sembari melegakan hidung.

Jeruk-jerukan

Memang belum ada bukti yang kuat bahwa vitamin C dapat meringankan demam. Namun, lapisan putih lembut pada kulit jeruk, lemon, jeruk Bali, dan jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan.

Jenis-jenis Makanan Terbaik Untuk Sakit Perut

Pada saat menderita gangguan perut, konsumsi makanan hambar yang mudah dicerna serta banyak minum cairan adalah cara terbaik agar lekas sembuh. Berikut ini adalah makanan yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan gangguan sakit perut:

Crackers Dan Roti Bakar

Cracker tanpa atau dengan sedikit rasa asin serta roti bakar adalah makanan ringan dan tanpa rasa yang sangat mudah dicerna oleh perut. Kandungan tepung yang tinggi tidak akan mengganggu perut dan dapat membantu menstabilkan fungsi pencernaan, terutama setelah muntah.  

Pisang

Buah yang satu ini kaya akan potassium, yang sering hilang karena berkeringat, muntah, dan diare yang terus menerus. Pisang mudah dicerna dan dapat menurunkan suhu tubuh, serta membantu mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang.

BACA JUGA: Masker Pisang! Perawatan Sederhana Untuk Kaki Sempurna

Jahe

Berdasarkan penelitian, jahe sangat efektif mencegah dan meringankan mual dan ganguan lambung lainnya, termasuk sembelit, kembung, dan muntah. Minum jahe akan membantumu terhindar dari dehidrasi, sekaligus mengatasi gangguan pada perut.

Nafsu makan yang menurun pada saat sakit bukan alasan untuk tidak makan, karena hal tersebut justru dapat memperparah sakit. Jika kamu merasa tidak enak badan, segera istirahat dan konsumsi makanan tersebut agar kondisimu cepat pulih.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini