Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Sudah Cukupkah Mencuci Handuk Sekali Dalam Seminggu?

Ladies, apa kamu yakin bahwa handuk yang kamu gunakan setiap hari sudah benar-benar bersih? Berapa lama sebaiknya handuk dipakai? Berikut ini info penting mengenai seberapa sering handuk harus dicuci.

Santi Berlinawati

Sebagai bagian dari perlengkapan untuk membersihkan tubuh, penting sekali memastikan apakah handuk yang kamu pakai masih bersih atau tidak. Apalagi handuk yang masih terlihat bersih pun belum tentu higienis. Handuk adalah salah satu tempat favorit bagi bakteri dan kuman untuk tumbuh karena kelembapannya. Agar handuk benar-benar bersih dan higienis, sebaiknya cuci dan keringkan handuk sesering mungkin, seperti info di bawah ini. 

Idealnya, Cuci Handukmu Tiap 3 Kali Pemakaian

Mungkin kamu sedikit terkejut dengan tips yang satu ini, karena memang biasanya orang mencuci handuk sebanyak satu kali dalam seminggu, bahkan dalam beberapa minggu. Seorang profesor ilmu kesehatan masyarakat dari University of Arizona, Kelly A. Reynolds, Ph.D. menyatakan, “Handuk lembab yang digunakan setelah mandi dapat digantung hingga kering dan masih dapat digunakan lagi hingga 3 kali.”     

Selalu Keringkan Handuk

Handuk yang basah setelah dipakai menjadi tempat yang sangat subur bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh dan berkembang semakin banyak. Mengeringkan handuk dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan jamur tersebut.

Begitu handuk kamu pakai sekali saja, sel-sel kulit mati, air, dan milyaran bakteri akan menempel pada handuk. Oleh sebab itulah handuk yang baru sekali kamu pakai juga sudah mulai bau apek meskipun baru sedikit.

BACA JUGA: 7 Cara ‘Licik’ Bakteri Masuk ke Dalam Make-Upmu!

Handuk Muka Harus Dicuci Setiap Kali Digunakan

Handuk muka harus lebih sering dicuci. Yang paling ideal adalah mencucinya setiap kali dipakai. Kelly A. Reynolds mengatakan bahwa ketika digunakan untuk menggosok kulit muka, kotoran dari makeup atau sel-sel kulit mati dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur pada kecepatan yang tidak dapat ditoleransi. Handuk muka tidak hanya lembab, namun basah setiap kali dipakai sehingga membuatnya lebih lama kering.

Cuci Lap Dapur Sehabis Memakainya

Untuk lap dapur, kamu harus ekstra hati-hati karena hal ini menyangkut kebersihan dan kehigienisan makanan dan peralatannya. Jika kamu sering membersihkan peralatan dapurmu menggunakan lap dapur yang belum kamu cuci, tanpa kamu sadari kamu sudah menyebarkan kuman ke mana-mana.

Lap yang lembab dan basah, serta sisa-sisa makanan dan kotoran dapur memberi peluang yang sangat besar bagi berkumpul dan berkembangnya kuman dan jamur. Bayangkan jika kamu tidak mencucinya tiap hari, berapa milyar kuman dan bakteri yang hinggap ke dalam makananmu? Ganti lap dapur dengan yang baru setiap kali kamu memakainya.

Cuci Dengan Cuka Untuk Noda Membandel

Jika noda pada handuk sudah membandel disertai bau tidak sedap, deterjen mungkin tidak akan cukup untuk mengatasinya. Gunakan air hangat dan larutan cuka untuk merendam sebelum mencuci dengan deterjen. Cuka tidak hanya menghilangkan noda membandel, namun juga menghilangkan bau apek pada handuk.

BACA JUGA: Cuka untuk Rambut Indah Berkilau

Ladies, sekarang sudah tahu kan ternyata handuk yang kelihatannya bersih, bisa saja mengandung banyak sekali bakteri kalau tidak rajin mengeringkannya. Apalagi jika sudah lama tidak dicuci, alih-alih jadi bersih, ribuan kuman malah akan menempel di badanmu. Be clean and healthy!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy