Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa air beras mempunyai banyak manfaat untuk kulit dan rambut? Bagaimana ya cara yang tepat menggunakan air beras sebagai bagian dari ritual kecantikan?

Leonita Nerisa

Air beras ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kecantikan juga lho. Air beras dipercaya dan terbukti dapat membantu memutihkan, mencerahkan, menghaluskan dan melempabkan kulit serta menguatkan rambut. Beras kaya akan asam ferulic yang merupakan antioksidan yang mengandung banyak allantoin, yang dikenal karena sifat anti inflamasinya. Air beras juga mengandung inositol sehingga dapat memperlambat penuaan dini dan membantu pembentukan sel. Selain itu, air beras juga mengandung vitamin seperti B1, C dan E dan mineral sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori, melembutkan, mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Manfaat Untuk Kulit

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membersihkan wajah menggunakan air beras. Ketika akan menanak nasi, langkah pertama yang dilakukan pastinya adalah membersihkan beras yang akan di tanak. Jika biasanya kamu membuang air cucian beras, mulai saat ini tiriskan lah air beras tersebut ke sebuah wadah yang dapat ditutup rapat. Air cucian beras yang direkomendasikan adalah air cucian beras ke 3. Gunakanlah air beras ini seperti kamu mencuci muka. Kamu juga dapat menggunakan air beras ini untuk mandi untuk mendapatkan kulit tubuh yang halus, putih dan cerah.

Kamu dapat menyimpannya di dalam kulkas dan dapat digunakan sebagai toner. Ambil kapas dan celupkan kedalam air beras lalu basuhkan ke seluruh wajah dan biarkan menyerap sempurna dan memberikan efek menyegarkan. Air beras ini dapat bertahan selama seminggu jika diletakan di dalam kulkas.

Manfaat Untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, air beras juga bermanfaat untuk rambut lho. Air beras dipercaya dapat memberikan nutrisi ekstra untuk rambut sehingga rambut dapat menjadi lebih kuat, sehat dan mudah diatur. Setelah menggunakan sampo tuangkan air beras ke rambut dan pijat dengan perlahan kulit kepala dan diamkan selama 4 – 5 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Bagi kamu yang ingin mempunyai kulit sehat, cerah dan putih sebaiknya menggunakan bahan alami seperti air beras ini dibandingkan krem pemutih nih, ladies . Selain alami, air beras mudah didapatkan dan hemat.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait