Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

'No Bra Day' Setuju Atau Tidak?

Kanker payudara merupakan penyakit mematikan ke-2 bagi para wanita dan bulan Oktober dijadikan sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara sedunia

Yenni Octavia

Tahukah kamu, bahwa kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan ke-2 bagi para wanita?

Setiap tanggal 13 Oktober, banyak wanita bahkan selebriti di dunia merayakan ‘No Bra Day’ atau hari tanpa bra. Bukan cuma tanggal 13 saja, bulan Oktober juga diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara.

‘No Bra Day’ ini awalnya dipelopori oleh seorang ahli bedah plastik di Kanada yang merasa semakin berkurangnya kesadaran para wanita akan kesehatan payudara, dan mulai melakukan kampanye #nobraday melalui media sosial.

BACA JUGA: Ini Dia Penyebab Utama Kanker Payudara!

Namun masih banyak kontroversi mengenai hal ini, terutama di negara-negara timur seperti Indonesia. Adanya perbedaan budaya dan tidak ada kaitannya penggunaan bra dengan kanker payudara menjadi salah satu penyebabnya.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 wanita justru tidak menemukan bukti hubungan kanker payudara dengan penggunaan bra, baik jenisnya, lama penggunaan, atau menggunakan kawat atau tidak. Mereka juga tidak menemukan bukti pengaruh penggunaan bra terhadap peningkatan resiko kanker payudara.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk kamu para wanita memilih jenis bra yang tepat dan sesuai dengan ukuran payudara kamu. Selain menjaga kesehatan payudara kamu, pemilihan bra yang tepat juga akan memberikan rasa nyaman.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Bra yang Tidak Tepat

Selain tidak terbuktinya penggunaan bra sebagai pemicu kanker. Banyaknya foto-foto wanita yang tidak menggunakan bra dan hanya menutupi nya dengan tangan, atau bahkan tidak menutupinya sama sekali yang diunggah di media sosial. Sehingga dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terlepas dari kontroversi yang ada, kamu bebas memilih untuk turut berpartisipasi atau tidak. Namun ada baiknya kamu memanfaatkan moment ini secara positif, dengan semakin meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan payudara atau melakukan cek kesehatan terhadap payudara atau bagian tubuh lainnya secara rutin.

BACA JUGA: Cek Kesehatan secara Berkala, Perlukah?

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy