Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Lakukan 5 Hal Ini dan Katakan Sayonara Pada Bau Mulut!

Siapa di antara kawaii ladies yang punya masalah dengan bau mulut? Kalau kamu orangnya, maka kamu harus baca artikel ini lebih lanjut!

Kasih Elia Lg

Bau mulut ada banyak penyebabnya. Salah satunya adalah karena masalah pada sistem pencernaan. Kalau sistem pencernaan kita bermasalah, entah pada prosesnya di dalam mulut, tenggorokan, maupun lambung, itu juga bisa mengundang bau nafas yang tidak sedap naik ke mulut kita. Sehingga ketika kita bernafas atau ketika berbicara biasa, nafas kita berpotensi membuat orang sekitar kita lemas atau bahkan pingsan.

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh kegiatan tertentu seperti kegiatan berpuasa yang dilakukan seharian sehingga mengurangi jumlah saliva, yang hanya dikeluarkan lebih banyak ketika mulut melakukan gerakan mengunyah, dan secara otomatis meningkatkan jumlah bakteri dalam mulut.

Jadi apa sih, hal yang perlu dilakukan untuk mencegah bau mulut terutama ketika kita sedang puasa? Yuk kita simak di sini ladies!

Minum Air Hangat

Minum air hangat seusai dapat mencuci mulut kamu dengan lebih bersih. Kenapa bisa begitu? Karena air hangat dapat mengangkat minyak dan residu-residu makanan yang tersisa di gusi dan bagian dalam mulut kamu kemudian membawanya ke tenggorokan. Air dingin atau air biasa tidak dapat melakukan ini sehingga sisa makanan yang terdapat pada gusi dan gigi mengundang banyak bakteri yang akhirnya menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Kalau kamu sedang puasa, minum air hangat seusai makan sahur dan buka puasa.

Minum Cukup Air

Selain minum dengan air hangat seusai makan, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan air kita agar tidak kurang dari yang dianjurkan. Air putih bermanfaat karena dapat meningkatkan produksi air liur atau saliva dalam mulut, yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihannya dan menjaga jumlah bakteri pada mulut pada angka yang normal. Pada bulan Ramadhan, minumlah 6 gelas air saat sahur dan 6 gelas air saat berbuka untuk menjaga kandungan air dalam tubuhmu tetap normal.

Gosok Gigi Dua Kali Sehari

Seusai makan, gosoklah gigi kamu seperti yang dianjurkan oleh dokter gigi di seluruh dunia. Gigi yang tidak dibersihkan seusai makan dapat meninggalkan sisa-sisa makanan yang akan menempel pada gusi dan gigi. Sisa-sisa makanan inilah yang dapat membusuk di dalam mulut dan membuat mulut kamu jadi bau. Gosoklah gigi kamu seusai makan sahur dan berbuka ketika kamu sedang puasa.

Minum Teh Hijau

Selain air putih, ada lagi minuman yang bisa membantu mengatasi bau mulut kamu. Yaitu teh hijau. Teh hijau yang kaya anti oksidan ini juga mengandung banyak zat polyphenol yang bisa membunuh bakteri dalam mulut dan saluran pernafasan di sekitar mulut. Minuman teh hijau juga bisa mengurangi radang pada rongga tenggorokan dan gangguan pernafasan. Kamu bisa minum teh hijau sehabis makan sahur dan berbuka, sebelum minum air 6 gelas.

Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Tidak cukup hanya dengan sikat gigi, kamu juga perlu berkumur dengan obat kumur antiseptik. Terutama obat kumur yang memberikan sensasi segar dan mint di mulut. Obat kumur dapat mengangkat kotoran yang tidak terangkat oleh sikat gigi dan juga dapat mencapai bagian-bagian yang tidak dapat dicapai oleh sikat gigi. Plus, wangi yang ditinggalkan obat kumur lebih kuat dibandingkan bila hanya dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi saja.

Dengan melakukan hal-hal yang sudah kita sebutkan di atas, kamu dapat memaksimalkan perlindungan mulut kamu terhadap bau mulut. Sayonara bau mulut!!

 

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy