Kawaii Beauty Japan

Health

Matikan Handphone saat Tidur karena Jika Tidak, Bisa Terkena Penyakit Ini

Sering merasa sulit tidur? Merasa mengantuk tapi kok susah sekali untuk tidur? Nah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh telepon genggammu, cantik. Oleh karena itu, simak deh alasannya!

Istiarina Putri

Handphone alias telepon genggam saat ini sudah seperti kacang goreng, dimanapun, kapanpun, orang-orang sibuk dengan handphonenya.

Baik menelpon, SMS, chatting, hingga main games, handphone seolah menjadi benda wajib yang harus selalu ada di dekat kita.

Tidak hanya saat sedang beraktivitas di siang hari, terkadang kita pun tetap asyik dengan handphone bahkan ketika ingin tidur. Sebagian besar orang juga meletakkan handphone di dekatnya atau bahkan di bawah bantal.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Radiasi yang timbul dari handphone dapat mengakibatkan penyakit yang berbahaya secara perlahan, seperti kanker dan tumor.

Bahaya Radiasi Handphone saat Tidur

Tidur Terganggu

Banyak penelitian yang telah membuktikan adanya gangguan kesehatan tubuh yang diakibatkan oleh paparan radiasi handphone sebelum tidur. Hal ini mampu mengganggu tubuh sehingga kita mengantuk tapi sulit tidur. Selain itu, tidur pun tidak nyenyak.

BACA JUGA: Tidur dengan Lampu Menyala Ternyata Menyebabkan Penyakit Ini!

Sirkulasi Darah ke Otak Terganggu

Peneliti di Lund University, Swedia telah meneliti dampak radiasi gelombang mikro terhadap otak tikus. Ternyata ditemukan kebocoran albumin dalam otak yang diakibatkan oleh rembesan sawar darah otak (blood-brain barrier).

Kanker

Tim ilmiah asal Swedia di the Karolinska Institute melakukan peneliti yang menunjukkan bahwa penggunaan ponsel secara rutin selami lebih dari satu dekade dapat dihubungkan dengan meningkatnya risiko acoustic neuroma; jenis tumor otak jinak.

BACA JUGA: Ini Dia 3 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Kamu Hindari!

Selain itu, pada tahun 2007, Dr. Lennart Hardell, dari Örebro University di Swedia, menemukan bahwa: 

  • Pengguna ponsel memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena glioma ganas
  • Ada hubungan antara penggunaan ponsel dengan meningkatnya risiko acoustic neuromas
  • Tumor lebih mungkin terjadi pada sisi kepala dimana ponsel sering digunakan
  • Penggunaan ponsel selama satu jam setiap harinya dapat meningkatkan risiko tumor setelah 10 tahun berikutnya

Nah, untuk tidur nyenyak dan kesehatan, sebaiknya jauhkan handphone atau matikan di saat tidur ya, ingat karena bisa bikin insomnia, maka kemungkinan kamu juga bisa jadi tulalit dan terkena obesitas! (BACA JUGA: Insomnia Bikin Kamu Obesitas dan Bego)

Tagged in:
Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait