Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Ingin Bebas Jerawat di Musim Panas? Coba Tips Ini Deh!

Di musim panas ini, jerawat rawan muncul dan mengganggu gembiranya liburanmu. Oleh karena itu, simak yuk tips bebas jerawat agar tetap cantik selama liburan

Yuka Natsumi

Saat ini, di negara empat musim seperti Jepang, sudah memasuki musim panas lho ladies. Nah, di musim panas seperti ini, umumnya kulit jauh lebih sensitif dan berkeringat banyak. Sama halnya seperti negara empat musim, udara tropis seperti Indonesia juga rawan panas dan tak jarang bermandikan keringat. Keringat bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat lho, yuk simak tips bebas jerawat di musim panas berikut ini!

Meski musim panas seringkali menjadi saat yang dinanti-nanti oleh banyak orang, ternyata musim ini cukup berbahaya bagi kulit cantikmu.

Keringat yang bercucuran dan udara yang panas bisa memicu terjadinya breakout alias jerawat.

Tidak hanya itu, bisa jadi jerawat yang muncul bukan hanya pada wajahmu, tapi juga pada dada, punggung, dan bagian tubuh lainnya. Hal ini terjadi karena keringat yang banyak mengakibatkan penumpukan kotoran dan menyebabkan jerawat. Cegah dengan tips ini!

Tips Bebas Jerawat di Musim Panas

Jangan Tunggu Hingga Jerawat Meradang

Menunggu jerawat muncul dan meradang baru panik mencari cara untuk menghilangkannya? Bisa butuh waktu lama untuk membasminya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan pencegahan walau jerawat belum muncul atau meradang.

Lakukan pembersihan wajah dan eksfoliasi dengan scrub yang mengandung bahan aktif salicylic acid, glycolic acid, atau benzoyl peroxide. Bahan aktif tersebut mampu mencegah dan mengobati jerawat membandel.

Untuk kamu yang memiliki sejarah masalah jerawat di bagian tubuh seperti dada dan punggung, kamu juga sebaiknya mencari produk pembersih tubuh dengan kandungan yang sama, tapi dengan konsentrasi lebih tinggi. Hal ini karena kulit bagian tubuh selain wajah umumnya lebih tebal.

BACA JUGA: Punggung Berjerawat? No Way!

Jangan berhenti bahkan ketika wajahmu bebas jerawat ya, karena bahan tersebut perlu untuk menjaga kulitmu tetap bebas jerawat. Jika memang sudah bersih, sebaiknya kamu kurangi intensitas pemakaian produk-produk tersebut.

Waspadai Produk Rambut yang Kamu Gunakan

Udara yang panas, tentu membuat kulit tubuh kita memproduksi lebih banyak keringat. Hal ini tidak terkecuali kulit kepala. Banyaknya keringat yang keluar tentu akan mengakibatkan produk rambut yang kamu gunakan menjalar ke kulit wajah dan punggung.

Banyak dermatologis juga menemukan kasus jerawat yang ternyata diakibatkan oleh penggunaan produk rambut (terutama produk styling). Bahan-bahan di dalamnya ternyata mampu mengakibatkan jerawat di bagian dahi.

Untuk mencegahnya, pilihlah produk perawatan rambut yang alami atau berhenti gunakan produk styling jika kamu termasuk orang yang banyak berkeringat.

Gunakan Make Up Lebih Sedikit

Foundation yang tebal dan keringat merupakan duo jitu yang bisa mengakibatkan jerawat. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya kamu selalu mengaplikasikan primer dengan efek matte untuk mencegah kilau akibat minyak dan keringat, kemudian gunakan BB/CC Cream untuk tampilan yang alami dan ringan.

BACA JUGA: Belajar Perbedaan BB, CC, dan DD Cream

Jika kamu butuh menutupi jerawat, sebaiknya konsentrasikan concealer/ foundation pada area yang bermasalah saja. Jangan hanya karena satu-dua jerawat, kamu jadi berlebihan dalam menggunakan foundation.

Untuk hasil make up yang menutup jerawat tapi tetap terlihat ringan, gunakan puff bedak dengan gerakan menepuk pelan kemudian oleskan concealer di atasnya. Setelah tertutup sempurna, tepukkan lagi bedak perlahan untuk men-set concealer.

Bagaimana, siap menjalani musim panas bebas jerawat dong?

Yuka Natsumi
She is a beauty talent and advisor. graduated from University of Physical Education as rhythmic sportive gymnastics, and went to USA to start her own beauty and fashion consulting company in New york. Over the time, She also started web application called "Beauty weather forcast". Other than the beauty business, she is active in various fields such as TV talent, MC, and newscaster.
Share this article

Artikel Terkait