Kawaii Beauty Japan

Health

Tidur dengan Lampu Menyala Ternyata Menyebabkan Penyakit Ini!

Tidur itu penting, namun ternyata lebih penting lagi adalah tidur dengan kondisi gelap gulita. Daripada takut hantu, sebaiknya kamu lebih takut dengan bahaya kesehatan tidur dengan lampu menyala!

Istiarina Putri

Berapa banyak diantara kamu yang masih tidur dengan kondisi lampu menyala? Takut? Hmm.. Sebaiknya kamu justru lebih takut dengan bahaya kesehatan di balik tidur dengan lampu menyala.

Karena ternyata, tidur dengan lampu padam selain bisa membuat tidurmu jauh lebih nyenyak, juga menjauhkan diri dari berbagai penyakit berbahaya.

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Tidur itu penting bagi kesehatan tubuh. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengoptimalkan tidur kita. Salah satunya adalah dengan tidur dalam kondisi ruangan gelap tanpa cahaya. 

Mengapa?

Tidur dengan Lampu Menyala Menyebabkan Kanker

Karena tubuh manusia baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin adalah salah satu hormon yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga dapat menghindarkan kita dari bahaya penyakit, salah satunya adalah kanker payudara.

Selain itu, cahaya saat tidur juga bisa mengganggu circadian rhythms alias jam biologis tubuh, sehingga tubuh menjadi tidak seimbang dan kacau.

BACA JUGA: Mau Cegah Kanker Payudara? Yuk Makan Sup Miso!

Terbayang bukan, apa yang akan terjadi bila kamu tidur dalam kondisi lampu menyala di malam hari? Tentu hormon ini tidak akan diproduksi. Cahaya yang muncul akan menghentikan produksi hormon ini. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mematikan lampu ketika tidur. 

Tidur dengan Lampu Menyala Picu Depresi

Selain penyakit jasmani, ternyata tidur dengan lampu menyala juga bisa mengakibatkan gangguan mental, yaitu depresi.

Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa kadar melatonin juga mengatur suasana hati.

Studi yang dipublikasikan pada Mei 2006 oleh para peneliti di the Oregon Health and Science University (OHSU) menemukan bahwa melatonin membuat suasana hati jauh dari kesedihan.

Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa pengidap insomnia umumnya adalah orang-orang yang terekspos cahaya terang pada malam hari. Lebih lanjut, ternyata pengidap insomnia umumnya juga menderita depresi. Jadi dengan tidur dalam kondisi gelap dapat membantu kamu untuk lepas dari insomnia dan depresi, cantik.

 

Nah, bagaimana, masih mau tidur dengan lampu menyala terang?

 

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait