Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir Kering dan pecah-pecah? Ini dia 5 tips mudah yang wajib kamu coba untuk mengatasinya, ladies!

Wikan Saputri

Bibir kering dan pecah-pecah mungkin menjadi masalah yang sebenarnya sederhana, tapi juga mengganggu penampilan jika dibiarkan terus menerus. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tips-tips mudah yang bisa kamu terapkan setiap hari untuk mengatasi problem bibir kering dan pecah-pecah. Ingin tahu apa saja tipsnya? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Bibir kering dan pecah-pecah bisa kamu atasi dengan tips-tips sederhana berikut ini:

Hindari kebiasaan menjilat bibir

Sebagian orang mengira bahwa dengan menjilat bibir, mereka akan bisa membuat bibir lebih lembab dengan air liur mereka. Padahal, justru semakin kamu sering menjilat bibirmu, maka akan semakin kering. Hal ini disebabkan oleh cepatnya proses penguapan air liur yang menyebabkan bibir mengalami kondisi yang lebih kering dari sebelumnya.

Gunakan lip balm

Menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya memang terbukti efektif untuk melindungi bibirmu dari cuaca yang panas. Semakin banyak kamu melakukan aktivitas di luar ruangan, maka semakin banyak pula lip balm yang perlu kamu oleskan di bibirmu.

Perbanyak konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinnya memang sangat membantu terhindarnya tubuh dari bahaya dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya menyerang tubuhmu, ladies! Tapi juga tampak pada keringnya kulit dan bibirmu. Jadi, konsumsi air putih ini sangat wajib untuk kamu penuhi setiap harinya.

Hindari bernapas dengan mulut

Sebagian orang memiliki kebiasaan bernapas dengan menggunakan mulut. Padahal, saat bernapas dengan menggunakan mulut, kamu justru memperparah kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, bernapas dengan menggunakan mulut juga tidak sehat karena tidak ada penyaring udaranya, maka dari itu biasakan bernapas dengan menggunakan hidung yang terdapat bulu hidung sebagai penyaring kotoran di udara.

Mengurangi konsumsi makanan pedas dan asam

Makanan yang memiliki rasa pedas atau asam yang berlebihan sangat berpotensi untuk menimbulkan iritasi pada permukaan bibir sehingga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, usahakan untuk mengurangi makanan pedas dan asam berlebih ini, ya ladies! Jika kamu sedang mengalami problem bibir kering dan pecah-pecah, maka tidak mengonsumsi makanan tersebut merupakan solusi yang tepat.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi problem bibir kering dan pecah-pecah yang bisa kamu terapkan sehari-hari, ladies! Semoga bermanfaat.

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait