Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Cara Membuat Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah

Menggunakan bahan-bahan alami, seperti kunyit, susu, dan buah-buahan adalah cara yang terbukti cukup efektif untuk mencerahkan warna kulit. Selain itu, cara ini juga jauh lebih murah.

Santi Berlinawati

Kulit wajah yang putih, mulus, dan bersinar tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Namun, sayangnya sinar matahari, polusi, dan stres bisa memicu gangguan pada kulit, seperti noda-noda gelap, warna kulit tidak merata, dan keriput. Krim pencerah wajah yang bagus biasanya mahal. Akan tetapi tak perlu khawatir, karena kamu bisa mencerahkan wajahmu dengan masker wajah yang dapat kamu buat sendiri. Ini dia 5 resep masker alami pencerah wajah:  

Masker Kunyit

Masker kunyit

Kunyit adalah bahan herbal yang memiliki khasiat anti inflamasi, antibakteri, dan anti penuaan. Bahan ini membantu membersihkan darah, mencerahkan pigmentasi, dan mengatasi bekas jerawat, sehingga kulit pun lebih putih dan bersinar. Untuk membuat masker kunyit, gunakan 1 sdt kunyit bubuk yang dicampur dengan 3 sdt air jeruk lemon. Gunakan pasta ini pada wajah selama 20-25 menit. Bilas dengan air hangat, dan lakukan dengan teratur. Hati-hati karena pasta ini bisa meninggalkan noda pada pakaian.

Masker Susu

Masker susu

Susu mengandung alpha-hydroxy acids yang sangat bagus untuk mengeksfoliasi kulit, membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran lainnya. Minum susu setiap hari, serta memakainya dari luar sangat baik untuk meningkatkan kecerahan kulit. Untuk yang berkulit kering, kamu bisa memilih susu low-fat,  sedangkan untuk kulit berminyak bisa menggunakan susu krim kental. Campurkan 1 cangkir susu hangat dengan 1 sdm kelapa parut, 1 sdm tepung beras, dan 1 sdt baking soda. Pijatlah wajahmu dengan ramuan ini, kemudian bilas menggunakan air biasa. Ulangi dua kali dalam sebulan.

Masker Almond

Almond

Bahan yang satu ini kaya akan vitamin E, asam omega-3, kalsium, protein, dan magnesium. Antioksidannya juga sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit dan mengurangi racun dan radikal bebas. Manfaatkan almond untuk membuat kulitmu semakin putih dengan mengkonsumsinya setiap hari dan menggunakannya sebagai perawatan luar. Gunakan minyak almond dan pasta cendana pada kulit wajah selama 25 menit, dan bilaslah dengan air bersih. Kalau kamu rajin melakukannya, kulitmu pun akan semakin lembut, halus, dan cerah.

Masker Buah-buahan

Buah

Buah-buahan seperti mangga, pepaya, alpukat, dan mentimun dapat membuat kulit lebih putih dengan membersihkkan pori-pori kulit secara mendalam, serta melindungi kulit dari debu dan kotoran. Resep masker buah-buahan ini akan menyingkirkan racun-racun dan kotoran dari kulit, menjadikan kulit kian bersinar dan sehat. Caranya, siapkan 1 sdm alpukat, 1 sdm pepaya, 1 sdm mentimun, dan 2 sdt krim segar. Kemudian haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada kulit, dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi secara teratur selama beberapa minggu agar kulit lebih putih.

Masker Yogurt

Yogurt

Yogurt memiliki kandungan asam laktat yang bisa mengeksfoliasi kulit sehingga kulit semakin sehat berkilau. Bahan ini juga mengandung vitamin B dan kalsium yang bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit. Untuk membuat masker ini, campurkan 2 sdt plain yogurt dengan 1 sdt madu mentah hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit wajah, dan biarkan selama 15-20 menit hingga kering. Bilas dengan air, dan keringkan. Madu juga bisa diganti dengan tomat yang sudah dihaluskan atau air tomatnya saja.   

Jadi, tunggu apalagi? Cerahkan wajah dengan 5 masker alami yang akan membuat kulitmu semakin cerah, dan cantik bercahaya!   

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait