Kawaii Beauty Japan

Hair

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Ampuh

Belum bisa juga menyingkirkan ketombe membandel di rambutmu? Kalau kamu belum mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasinya, segera coba bahan-bahan ini sekarang!

Santi Berlinawati

Rambut berketombe memang menjengkelkan. Tak hanya rasa gatalnya yang membuat tidak nyaman, namun serpihan putih yang menempel di seluruh permukaan rambut sepertinya juga tak enak dipandang mata. Untuk menyingkirkan ketombe dari rambutmu, gunakan saja bahan-bahan alami yang tak hanya murah, namun juga sangat efektif mengatasi masalah rambut yang satu ini. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Ampuh

Bukan hanya bahan kimia saja yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Bahan alami ini juga ampuh dan mudah untuk ditemukan lho.

Lemon

Lemon

Vitamin C yang terkandung di dalam lemon sangatlah asam dan mampu mengatasi dan mencegah ketombe. Kamu bisa menggunakan air perasannya saja atau menggosokan jeruk lemon langsung ke kulit kepalamu. Gunakan air perasan 4 buah lemon, dan diamkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

Lidah Buaya

Lidah buaya

Lidah buaya selain memiliki kandungan anti jamur, juga mampu merawat kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Ketombe pun akan menyingkir. Siapkanlah 5 sdm gel lidah buaya, dan pijatkan pada kulit kepala. Diamkan 30 menit, kemudian bilas dengan air atau shampo lembut. Lidah buaya juga bisa memperbaiki rambut kering dan susah diatur.

Tea Tree Oil

Tea tree oil

Sebuah studi membuktikan jika shampo yang mengandung 5% tea tree oil bisa mengurangi ketombe secara signifikan. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam shampo yang biasa kamu pakai untuk menghilangkan ketombe.

Baking Soda

Baking soda

Bahan serba guna yang satu ini ternyata juga sangat bagus untuk membuat kulit kepalamu terbebas dari ketombe yang gatal dan mengganggu. Untuk menggunakannya, basahi rambut dan gosokkan segenggam baking soda pada kulit kepalamu. Tak perlu membilas dengan sampo, cukup pakai air biasa. Baking soda bisa menyingkirkan jamur penyebab ketombe. Pada awalnya rambutmu mungkin akan terasa kering, namun lambat laun kulit kepalamu akan memproduksi minyak secara alami sehingga rambut lembut dan bebas ketombe.

Cuka Apel

Cuka apel

Kadar asam pada cuka apel mengubah pH kulit kepala, sehingga akan lebih sulit bagi jamur untuk tumbuh. Campurkan seperempat cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air, dan masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan ke kulit kepalamu, kemudian bungkus kepala dengan handuk dan biarkan selama 15 menit sampai 1 jam. Setelah itu keramas seperti biasanya. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Minyak alami yang satu ini rupanya juga salah satu solusi praktis untuk hilangkan ketombe. Sebelum mandi, pijatlah kulit kepala menggunakan 3-5 sdm minyak kelapa. Setelah itu biarkan selama 1 jam. Kemudian cuci rambut dengan sampo. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencari sampo dengan kandungan minyak kelapa.

Garam 

Garam

Sifat garam yang abrasif sangat cocok digunakan untuk menyingkirkan ketombe dari kulit kepala sebelum kamu mencuci rambutmu dengan shampo. Taburkan garam di permukaan kulit kepalamu yang kering, kemudian pijat. Cara ini akan mengangkat serpihan ketombe dari kulit kepalamu. Setelah itu, keramaslah.

Bawang

Bawang merah

Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan antimikroba yang sangat efektif untuk membersihkan kepala dari ketombe yang disebabkan oleh bakteri. Tumbuk bawang, dan gosokkan pada kulit kepalamu. Untuk menghindari aroma yang menyengat, gunakan campuran bawang dan madu untuk memijat kulit kepalamu sebelum keramas.

Nah, itu dia cara menghilangkan ketombe secara alami. Bebaskan rambutmu dari ketombe dengan cara ini. Semoga bermanfaat, ladies!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait