Kawaii Beauty Japan

Diet

9 Gerakan Tinju yang Bisa Membakar Kalori

Ingin tahu rahasia tubuh kencang dan berotot ala petinju? Ternyata latihan mereka sangat efektif untuk membentuk tubuh kencang, meski sepertinya hanya berupa gerakan-gerakan yang simpel.

Santi Berlinawati

Melatih tubuh layaknya seorang petinju tak hanya membuat tubuhmu kencang. Kamu pun akan lebih bersemangat dengan gerakan-gerakan yang membuatmu merasa sedang bertarung menghadapi lawan. Untuk melakukannya, ikuti instruksi berikut ini dan ulangi gerakan selama 60 detik.

9 Gerakan Tinju yang Bisa Membakar Kalori

Awali dengan pose petinju. Bagi yang tidak kidal, letakkan kaki kiri beberapa kaki di depan kaki kananmu dengan jari menghadap ke depan. Lead hand-mu adalah tangan kirimu dan back hand-mu adalah tangan kananmu. Bagi yang kidal, lakukan sebaliknya. Kepalkan tangan erat dan tahan di dekat dagu (seperti ketika kamu ingin melindungi wajahmu), siku mendekati tubuh, lutut sedikit menekuk, serta perut terkunci. Kamu harus kembali ke pose ini setiap kali akan berganti gerakan. Simak gerakannya.

Jab

Boxing pose

 Luruskan tangan kirimu (tangan kanan bagi yang kidal) ke depan, hadapkan kepalan tangan ke bawah sembari mengalihkan berat badan ke depan.

Cross

Cross

Sumber: Yoga Journal

Luruskan tangan kananmu ke depan (tangan kiri bagi yang kidal) dengan tangan menghadap ke bawah, sembari sedikit berputar pada kaki belakang dan kemudian mengalihkan berat badan ke depan. Meski namanya gerakan cross, namun tak perlu mengarahkan gerakan menyilang.  

Lead Hand Hook

Lead Hand Hook

 Sumber: Wikihow

Bayangkan ada tong di depanmu dan kamu meninju melingkari sampingnya menggunakan tangan kirimu (tangan kanan bagi yang kidal). Buatlah ayunan setinggi dagu sembari sedikit berputar pada kaki depan.

Back Hand Hook

Gerakan ini hampir sama dengan lead hand hook, bedanya adalah kamu menggunakan tangan kananmu sebagai dominan. Bayangkan ada tong di depanmu dan kamu meninju melingkari sampingnya menggunakan tangan kananmu (tangan kiri bagi yang kidal). Buatlah ayunan setinggi dagu sembari sedikit berputar pada kaki belakang.

Lead Hand Uppercut

Bayangkan ada tiang di depanmu. Mulailah pukulan dari bawah ke atas menggunakan tangan kirimu (tangan kanan bagi yang kidal). Akhiri gerakan dengan siku menunjuk lantai, sembari tubuh sedikit berputar pada kaki depan.

Back Hand Uppercut

Gerakan ini hampir sama dengan gerakan lead hand upper cut, tapi bedanya adalah pada back hand kamu menggunakan tangan kananmu. Bayangkan ada tiang di depanmu. Mulailah pukulan dari bawah ke atas menggunakan tangan kananmu (tangan kiri bagi yang kidal). Akhiri gerakan dengan siku menunjuk lantai, sembari tubuh sedikit berputar pada kaki belakang.

Shoulder Slip

Shoulder slip

Bayangkan kamu sedang menghindari pukulan dari arah depan. Arahkan bahu kirimu ke kanan sembari sedikit berputar pada kaki kiri, kemudian kembali ke pose awal. Ganti arahkan bahu kananmu ke kiri sembari sedikit berputar pada kaki kanan, kemudian kembali ke pose awal. Ulangi bergantian.

Roll Under

Bayangkan kamu sedang menghindari pukulan dari arah depan. Pindah tumpuan ke kaki kiri, sembari lutut ditekuk untuk merendahkan tubuhmu. Pindahkan tumpuan ke kaki kanan sembari kembali ke pose awal. Ulangi.

Duck Under

Bayangkan ada yang memukul di atas kepalamu sembari kamu merendahkan tubuhmu untuk menghindar. Tekuk kedua lutut untuk melakukan squat, dan tetap jaga kepalan tinju ke atas seperti pada pose awal.

Hal yang paling penting, ladies. Lakukan dengan rutin, otot-otot  perut, lengan, dan kakimu pun pasti akan kencang bak seorang petinju.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait