Kawaii Beauty Japan

Health

5 Efek Samping Behel Gigi yang Perlu Kamu Tahu

Kamu yakin mau pasang behel gigi hanya demi mengikuti tren?

Wikan Saputri

Memasang behel bisa dikatakan sebagai proses perawatan gigi bagi orang-orang yang memiliki permasalahan pada bentuk gigi yang tidak rata. Meskipun demikian, belakangan ini seringkali behel gigi dipasang hanya sekadar untuk tren semata. Hal tersebut boleh saja, selama behel gigi yang dipasang memiliki kualitas yang baik dan aman untuk kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, permasalahan yang sering muncul pada pemasangan behel gigi ini adalah jenis kawat gigi yang digunakan banyak yang tidak aman untuk kesehatan gigi dan mulut, selain itu banyak klinik-klinik yang menyediakan jasa layanan pemasangan behel dengan keahlian yang belum memiliki sertifikasi. Hal ini menyebabkan banyaknya efek samping yang dirasakan para pengguna behel gigi. Yuk simak info lengkapnya di sini!

Bau Mulut yang Tak Sedap

Bau mulut tidak sedap

Pemasangan behel yang letaknya mengelilingi bagian tengah gigi hingga ke gigi paling belakang, membuat banyak kuman dan bakteri yang tumbuh dan berkembang karena sisa-sisa makanan yang terselip di antara kawat gigi. Sisa-sisa makanan menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri dalam mulut, hal ini akan menyebabkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap.

Menyebabkan Gigi Goyah

Gigi goyang karena behel

Keadaan gigi yang secara terus menerus ditarik untuk mengikuti bentuk kawat gigi, tulang yang menyangga gigi akan turut berubah posisi mengikuti bentuk kawat gigi yang digunakan, sehingga berpotensi membuat gigi goyah.

Menyebabkan Alergi

Alergi karena pemasangan behel

Kawat gigi yang terbuat dari berbagai macam logam, termasuk nikel dan kromium menyebabkan lebih dari 30% pengguna behel gigi mengalami alergi yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan tersumbat pada telingga mereka.

Terinfeksi Penyakit Menular

Penyakit menular karena behel

Pemasangan behel gigi pada klinik-klinik kecantikan yang belum memiliki sertifikat keahlian akan menambah serius efek samping penggunaan behel gigi ini. Potensi terinfeksi penyakit menular, seperti HIV dan hepatitis juga tinggi diakibatkan oleh tidak seterilnya peralatan yang digunakan oleh praktisi-praktisi tukang gigi yang tidak memiliki ijin resmi dari badan kesehatan.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan

Penggunaan peralatan yang tidak seteril dalam proses pemasangan behel gigi ini dapat mengakibatkan masuknya zat-zat berbahaya dalam tubuh yang tentunya akan menimbulkan reaksi yang berbahaya dalam proses pencernaan.

Itulah, beberapa efek samping menggunakan behel gigi yang penting untuk kamu ketahui, ladies! Boleh saja menggunakan behel jika benar-benar dibutuhkan untuk proses perawatan gigi, tapi jika hanya digunakan untuk tren belaka, cobalah untuk berpikir dua kali, ladies! Semoga bermanfaat!

Tagged in:
Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait