Kawaii Beauty Japan

Makeup

Foundation Mana Yang Tepat Untukku?

Memilih foundation yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil makeup yang maksimal. Cukup banyak formula dan warna yang ditawarkan di luar sana. Jadi, manakah foundation yang cocok untukmu?

Santi Berlinawati

Sebagai salah satu makeup dasar, foundation, memiliki peranan yang cukup vital dalam mengaplikasikan makeup. Tidak mau kan wajahmu terlihat putih seperti topeng, atau tampak semakin berminyak karena memakai foundation yang tidak tepat? Lalu, bagaiman langkah memilih foundation yang tepat? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

Ketahui Kebutuhanmu

Tentu saja kamu harus tahu kebutuhan kulitmu. Apa jenis kulitmu? Masalah apa yang sering terjadi pada kulitmu? Apakah kulitmu cenderung kering atau berminyak? Apakah kamu mencari hasil akhir matte atau berkilau? Kamu bisa membuat catatan kecil mengenai apa saja yang kamu inginkan untuk membantumu mencari foundation. Catatan kecil ini bisa menjadi pengingatmu nanti ketika menemukan begitu banyak jenis produk yang ditawarkan, dan tidak tahu harus mulai dari mana.

Mulai Mencari

Setelah mengetahui apa saja yang kamu inginkan dan butuhkan melalui catatan kecil tadi, sekarang saatnya mencari. Mulailah dengan browsing foundation sesuai kategori dari catatanmu. Pakailah kata kunci yang lebih spesifik untuk mempercepat pencarianmu. Misalnya saja, foundation matte untuk kulit berminyak, atau foundation ringan terbaik. Lihatlah merk-merk, komposisi, serta detail lain yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu, catat produk mana yang ingin kamu coba. Untuk mulai menggunakan produk baru, cara terbaik adalah langsung mencobanya. Dengan begitu kamu bisa melihat warna aslinya (apakah lebih terang atau gelap), dan teksturnya ketika diaplikasikan.

Pakai Baju Warna Putih Ketika Mencoba Foundation

Warna putih merupakan warna paling netral sehingga cocok dipakai pada saat mencoba foundation baru. Pastikan juga baju putih yang kamu pilih tidak berkerah rendah agar kamu tidak terganggu dengan terlalu banyaknya bagian kulit yang terlihat. Cara ini akan mempermudahmu menemukan foundation idamanmu.

Bawa Foundation Lamamu Jika Ingin Ganti

Jika kamu sudah memiliki foundation yang cocok dengan kulitmu, namun ingin mencoba formula atau warna baru, jangan lupa untuk membawa foundation lamamu. Tujuannya adalah agar kamu bisa membandingkannya dengan poduk baru yang ingin kamu coba secara langsung.

Manfaatkan Teknologi

Saat ini sudah ada teknologi yang mempermudah kita menemukan makeup yang cocok dengan warna kulit kita. Mesin kecantikan ini akan memberikan informasi berapa skala warna kulitmu, dan kemudian memberikan pilihan foundation apa saja yang cocok dengan hasil analisa tadi. Beberapa pusat penjualan atau merk makeup sudah menyediakan mesin ini sebagai fasilitas gratis bagi konsumen mereka.

Gunakan Cahaya Alami

Pencahayaan lampu bisa menipu. Oleh sebab itu, lihatlah hasil foundation yang kamu coba di luar ruangan dengan cahaya alami. Kalau terlalu kuning, pink, putih,atau berat, cobalah warna atau merk lain. Foundation yang tepat seharusnya terlihat mulus alami, apapun pencahayaannya.

Mintalah Contoh Produk

Mencoba berbagai macam foundation dalam sehari bisa membuatmu bingung. Apalagi biasanya kesan pertama kali memakai produk baru akan berbeda dengan kesan ke dua dan seterusnya. Jangan sampai kamu menyesal sesampainya di rumah. Mintalah contoh foundation yang kamu sukai jika memungkinkan. Cobalah selama 1 minggu sebelum memutuskan produk mana yang kamu pilih. Dengan demikian, kamu bisa melihat efeknya ketika dipakai. Apakah foundation tersebut cepat luntur? Bagaimana jika terkena keringat? Bagaimana jika dikombinasikan dengan bedak dan concealer? Tampak seperti apa di foto? Dan hal penting lainnya yang tidak bisa  kamu ketahui kalau tidak mencobanya.

Mungkin tidak semua orang dapat dengan mudah menemukan foundation yang cocok dikarenakan berbagai macam faktor. Namun, jangan menyerah. Sekali kamu menemukannya, kamu tidak akan menyesal.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait