Kawaii Beauty Japan

Hair

Atasi Masalah Rambut Berminyakmu Dengan Jurus Jitu Ini

Kadar minyak pada rambut yang berlebih sangatlah menyebalkan, dan sangat mengganggu penampilan kita!Bagaimana cara menyiasatinya? Yuk intip artikel berikut :

Sapho Cordova

Memiliki rambut berminyak, tentunya sangat menyebalkan karena membuat penampilanmu jadi kurang menarik. Beberapa wanita menyiasatinya dengan keramas setiap hari. Namun, ternyata itu malah merusak kondisi rambut, lho. 

Angelo David Pisacreta, seorang ahli tata gaya rambut selebriti dari New York, mengungkapkan bahwa penyebab utama rambut berminyak adalah kelenjar sebaceous di kulit kepala yang memproduksi sebum berlebih yang bergerak ke bawah batang rambut. Penyebab lainnya adalah gen, ketidakseimbangan hormon, diet, dan kelembaban.

Berikut adalah beberapa jurus ampuh yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut berminyak:

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Memang sangat sulit untuk dilakukan, namun jika tidak dilakukan maka kondisi rambut akan tetap berminyak terus. Kamu cukup mencuci rambut secara rutin, setiap dua hari sekali. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut atau sampo dengan kandungan herbal.

2. Awali dengan Air hangat dan Akhiri dengan Air Dingin

Saat keramas, sebaiknya gunakan air hangat untuk melepaskan kotoran dan minyak dari kepala, lalu bilaslah dengan air dingin. Air dingin inilah yang berfungsi menutup pori-pori dan minyak alami agar tetap terkunci di dalam. Cobalah memberikan sampo dua kali, dan biarkan selama 3-5 menit. Hal ini berfungsi agar lebih kepala lebih bersih dari minyak dan kotoran berlebih. 

BACA JUGA: Apakah Keramas Menggunakan Air Dingin Bagus Untuk Kesehatan Kulit Kepala?

3. Pemakaian Kondisioner dan Serum Rambut

Dalam menggunakan kondisioner perlu diperhatikan untuk tidak mengaplikasikan kondisioner mulai dari akar rambut. Sebaiknya, aplikasikanlah kondisionermu dari bagian tengah hingga ujung rambut. Untuk pemakaian serum rambut, sebaiknya ganti dengan vitamin rambut, karena penggunaan serum akan membuat rambut semakin lepek dan berminyak.

4. Jangan Terlalu Sering Melakukan Perawatan Pada Rambut

Jangan terlalu sering memegangi rambutmu, karena dapat membuat rambut cepat kotor dan berminyak. Terlalu sering menyisir rambut, maka dapat merangsang kelenjar minyak dan meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala. Selain itu, menata rambut dengan catokan dan hair dryer juga dapat membantu perangsangan produksi minyak.

BACA JUGA: Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meski Sering Dicatok

5. Dry Shampoo Atau Bedak Tabur

Jika rambutmu sudah terlihat berminyak, maka semprotkanlah dry shampoo (dry shampoo tidak perlu dibilas) atau jika kamu sedang dalam keadaan terburu-buru, kamu dapat menggunakan bedak tabur, dengan cara yang sama seperti dry shampoo tadi.

BACA JUGA: Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Bedak Tabur!

6. Gunakan Terapi Bahan Alami

Sesekali, luangkanlah waktu di rumah untuk mencoba beberapa cara terapi tradisional. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga dapat mengatasi rambut berminyak.

Sapho Cordova
Everyday is a new opportunity <3
Share this article

Artikel Terkait