Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang Bandel?

Ketika jerawat muncul ketika kita sedang butuh tampil prima. Ini yang harus kamu lakukan!

Kasih Elia Lg

Kita seringkali kesal jika ada jerawat yang tiba-tiba muncul di hari sebelum pesta atau hari-hari besar. Hal ini karena kita jadi tidak bisa tampil sempurna dengan menggunakan make-up andalan kita, saat sedang berjerawat. Benar kan ladies?

Bagaimana cara menghilangkan jerawat yang bandel?

Sebenarnya cara paling aman agar jerawat tidak menimbulkan bekas adalah dengan menunggunya melalui siklus hidupnya, seperti yang sudah pernah kami sampaikan pada kalian disini (baca: Mengapa Kita Tidak Boleh Sembarangan Memecahkan Jerawat). Tapi kalau ada acara yang benar-benar membutuhkanmu untuk tampil prima dan sempurna, kamu terpaksa harus memecahkan jerawat itu sendiri. Bila saat itu tiba, inilah cara terbaik untuk melakukannya:

  1. Ingat! Sebisa mungkin lakukan ketika jerawatmu sudah memunculkan nanah putih beku di puncaknya.
  2. Cucilah tanganmu dengan menggunakan air hangat dan sabun tangan. Jangan lupa bersihkan kuku jarimu juga.
  3. Sterilkan sebuah jarum dengan korek kayu atau lighter. Tunggu hingga dingin kemudian lap dengan menggunakan tissue beralkohol. Usapkan alkohol pada jerawat dan juga pada tanganmu.
  4. Keringkan tanganmu yang basah dengan alkohol menggunakan tisu bersih.
  5. Letakkan jarum mendatar paralel dengan wajah, lalu perlahan-lahan tusukkan jarum tepat ke bagian putih dari jerawat.
  6. Dengan jari atau gumpalan kapas, tekan kulit di sekitar jerawat, jangan di tengah-tengahnya, dengan perlahan. Jika nanah putih pada jerawat tidak pecah dengan mudah, hentikan usahamu sampai di situ karena itu artinya jerawatmu belum siap untuk dipecahkan. Apabila dipecahkan secara paksa, akan menyebabkan luka dan menimbulkan bekas menghitam.
  7. Apabila proses penekanan jerawat selesai dan nanah serta darah kotor dari dalam jerawat sudah keluar semua, usapkan kapas beralkohol (akan sedikit perih) ke atas jerawat yang sudah kempes. Bilas dengan air dingin.
  8. Gunakan batu es sebagai kompres, untuk menutup lubang jerawat yang masih terbuka, agar bekas lukanya lebih cepat menutup.

Nah, sekarang kamu sudah bisa dandan centil untuk pergi ke pesta. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menaruh lapisan kosmetik pada bekas jerawat yang masih segar ya! See you at the party, ladies!

Ingin mendapatkan informasi seputar kecantikan terkini langsung di email kamu? Yuk berlangganan Kawaii Beauty Japan Newsletter.

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait