Kawaii Beauty Japan

Diet

Ingin Selalu Cerdas dan Kreatif? Mari Konsumsi Karbohidrat!

Sering dituding sebagai penyebab obesitas, benarkah karbohidrat penting untuk mendukung kecerdasan otak?

Melisa

Ada banyak hal yang dilakukan oleh orang-orang untuk menyikapi karbohidrat. Sebagian dari kamu mungkin sangat menyukainya karena menganggap karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang mengenyangkan. Namun tentunya ada pula diantara kamu yang malah mati-matian menghindarinya untuk menjaga kestabilan berat badan dan bentuk tubuh.

Tetapi sudahkah kamu tahu kalau karbohidrat berperan penting dalam menunjang kecerdasan otak manusia?

Penelitian Ilmiah Tentang Karbohidrat

Sebuah hasil penelitian baru yang diterbitkan pada The Quarterly Review of Biology konsumsi karbohidrat (terutama yang berbentuk pati) ternyata berperan penting pada proses evolusi dan pengembangan kemampuan berpikir otak manusia selama jutaan tahun. Bahkan diduga kuat kalau enzim amilase yang ada pada air liur untuk membantu proses pencernaan makanan juga berkembang seiring dengan kebiasaan manusia dalam mengonsumsi karbohidrat.

Meski diklaim berperan penting dalam perkembangan kecerdasan, jenis karbohidrat yang harus dikonsumsi juga patut diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Sumber karbohidrat sehat terdapat pada beberapa bahan makanan yang belum diproses seperti gandum, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Sementara sumber karbohidrat yang berasal dari makanan olahan seperti spaghetti, kue kering, popcorn, atau roti justru sebaiknya mulai diatur jumlah konsumsinya.

BACA JUGA: 3 Manfaat Baik Selai Kacang Yang Kamu Perlu Tahu

Jenis Makanan Apa Saja yang Menjadi Sumber Karbohidrat?

Meski jarang dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat utama, nyatanya beberapa jenis makanan ini cocok dijadikan alternatif sumber karbohidrat bagi kebutuhan tubuhmu :

  • Kacang-kacangan
    Aneka jenis kacang seperti kacang merah, kacang hitam, atau jenis kacang lainnya adalah bahan makanan yang kaya karbohidrat dan serat. WebMD juga pernah melaporkan hasil penelitian bahwa orang yang sering mengonsumsi kacang memiliki kecenderungan berat badan yang lebih proporsional dibandingkan dengan orang yang menghindarinya.
  • Oatmeal
    Manfaat oatmeal bagi tubuh memang sudah tak perlu diragukan lagi. Bahan makanan yang praktis ini bukan hanya memiliki kemampuan untuk menjaga kestabilan kolesterol dan kadar gula dalam darah, namun juga berperan sebagai sumber karbohidrat kompleks yang membuatmu jadi kenyang lebih lama.
  • Pisang
    Saat sedang lapar dan tak punya banyak pilihan makanan, maka carilah pisang. Di samping kaya akan karbohidrat, pisang juga memiliki kandungan vitamin B6 dan serat yang akan membantu mencukupi kebutuhan gizi harianmu.
  • Ubi manis
    Olahan berbahan dasar ubi memang selalu menarik untuk dicicipi. Tidak cuma karena rasanya yang lezat, namun juga karena ubi manis kaya akan kandungan karbohidrat, protein, potasium, serta vitamin C.

Saat kamu sedang menjalani program diet, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali ya, ladies. Siasati kebutuhan karbohidrat bagi tubuhmu dengan cara memilih sumber karbohidrat kompleks dari bahan-bahan makanan yang alami dan bergizi!

Selamat menjalani diet dengan tubuh yang sehat dan ide-ide cerdas setiap saat !

BACA JUGA: 5 Cara Mengkonsumsi Karbohidrat Saat Diet

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait