Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Yakin Pengelihatanmu Masih Baik? Yuk Ikuti Tes Ilusi Optik Ini!

Kalau penglihatanmu memang masih baik, kamu pasti lolos tes ilusi optik yang satu ini !

Melisa

"Mata adalah jendela hati."

Fungsi mata ternyata bukan hanya menjadi organ pengelihatan, tapi juga mampu mencerminkan suasana hati dan semangatmu. Tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan matamu dengan disiplin. Membiasakan diri mengonsumsi makanan bervitamin A dan memberi waktu istirahat bagi mata akan membuat matamu tetap sehat meski usiamu makin bertambah.

Banyak orang yang tidak menyadari kalau daya pandang matanya sudah berkurang dan sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter mata. Padahal semakin cepat kamu sadar kalau daya pandang matamu sudah berkurang, maka semakin cepat pula penanganan yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan kesehatan matamu.

Ilusi optik dari video berikut ini akan mengetes kualitas penglihatanmu!

 

Ilusi optik ini diciptakan oleh sekelompok tim peneliti dari Massachusetts Institue of Technology (MIT) di Cambridge yang dipimpin oleh profesor Aude Oliva. Video yang dibuat tahun 2014 ini akan menguji seberapa besar kualitas fokus matamu terhadap kekontrasan gambar yang ditampilkan. Konsep hybrid image yang digunakan untuk memadukan gambar dengan low spatial frequency dan high spatial frequency ini bisa digunakan untuk menguji kualitas fokus pengelihatanmu.

BACA JUGA: Traveling Nyaman, Kacamata atau Lensa kontak?

Penglihatanmu tergolong baik bila kamu melihat foto Marilyn Monroe saat video menunjukkan gambar dalam ukuran kecil. Sedangkan ketika ukuran gambar semakin besar, maka penglihatan yang berkualitas akan menangkap foto Albert Einstein yang memiliki detail perbedaan pada bagian kumis, rambut dan wajah yang keriput.

Tidak hanya bisa ditonton dalam bentuk video, hybrid image Marilyn Monroe dan Albert Einstein tersebut juga bisa kamu gunakan dalam keadaan diam. Bila kamu sudah menjauhkan jarak pandanganmu dari foto tersebut dan kamu tetap masih dapat melihat foto Albert Einstein, berarti fokus penglihatanmu tergolong bagus.

Jauh sebelum mengetes kualitas penglihatanmu dengan video dan foto ini, tentu kamu sudah harus menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata secara disiplin. Tak perlu menunggu penglihatanmu bermasalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab konsultasi dan pemeriksaan mata bisa kamu lakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan matamu. Ketika kamu mulai merasakan penurunan daya lihat, tentu saja kamu harus segera memeriksakan matamu ke dokter supaya bisa mendapat penanganan medis yang tepat.

Jadi, foto siapa yang kamu lihat? Marilyn Monroe atau Albert Einstein?

BACA JUGA: Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy