Kawaii Beauty Japan

Diet

Suka Duka Menurunkan Berat Badan yang Harus Kamu Ketahui!

Menurunkan berat badan memang terasa sulit ya ladies, kamu perlu banyak melewati proses “duka” sebelum menikmati hasil “suka”nya. Yuk intip apa aja suka duka dari menurunkan be

Meylisa Agustina

Menurunkan berat badan sering kali menjadi pembicaraan dikalangan para wanita, seperti cara mengatur pola makan yang baik, olahraga apa yang sebaiknya dipilih dan bagaimana cara untuk menjaga berat badan agar tidak naik kembali.

Dalam hal menurunkan berat badan prosesnya lah yang paling banyak duka. Beberapa orang termasuk saya terbiasa makan enak dan makan banyak, ditambah sering bermalas-malasan sambil ngemil makanan manis. Beberapa duka yang pernah dilewati ketika proses menurunkan berat badan diantaranya adalah:

Overtraining

Saat ingin target berat badanmu tercapai pasti yang terlintas dipikiran kita adalah “semakin banyak berolahraga maka berat badan semakin cepat turun”, tidak heran banyak orang yang justru jadi overtraining yang mengakibatkan otot pegal, tubuh terasa berat dan imunitas turun. Padahal sebenarnya olahraga itu tidak perlu terlalu banyak yang penting dilakukan dengan rutin setiap hari.

Luangkan waktu satu jam saja setiap harinya untuk berolahraga, misalnya tiga puluh menit untuk angkat beban (weightlifting) gunanya untuk membentuk otot dan lanjutkan dengan kardio (lari, senam aerobik, HIIT) untuk membakar lemak. Pasti hasilnya tubuhmu lebih kencang dan terlihat sehat.

BACA JUGA: Mau cepat langsing? Coba latihan HIIT yuk!​

Tidak bebas makan

Ketika teman-temanmu makan junk food dan makanan berlemak lainnya kamu malah harus makan makanan sehat dengan sayur dan protein hewani tanpa lemak. Lebih susah lagi kalau kamu sedang berusaha menjadi vegetarian dan di mall tempat hangout malah ga ada restoran vegan.

Nah kalau sudah begini bawa bekal buatan sendiri jadi solusinya! Dengan membawa bekal kamu tahu apa saja bahan makanan yang masuk kedalam tubuhmu. Selain itu kamu bisa memastikan sendiri kebersihan perabotan masakanmu.

Buat kamu yang tidak suka makan sayur bisa mencoba resep masakan sayur yang cocok dengan selera kalian, misalnya brokoli yang digoreng renyah atau konsumsi sloothies hijau yang terbuat dari sayur sawi dan buah kiwi. Biasakan untuk makan sayur mayur dan buah dalam asupan harianmu ya!

Kesulitan mengubah pola hidup harian

Selain pola tidur yang berantakan, pola makan yang tidak teratur juga ikut mengacaukan jadwal makan kita. Namun setelah proses tersebut jadi terbiasa kamu lalui semua akan terasa lebih mudah, seperti kamu akan mulai terbiasa berolahraga dan diet ketika kamu sudah menjalaninya selama tiga pekan. Setelah itu pasti kamu mulai merasakan hasil ''suka'' dari proses ''duka'', diantaranya adalah:

Tubuh terasa lebih ringan dan Tidak mudah lelah saat aktivitas padat

Setelah berat badanmu turun, aktivitas seperti lari atau naik-turun tangga tak akan sesulit sebelumnya. Buat teman-teman yang overweight saat kamu pertama kali jogging pasti tubuhmu akan terasa berat, namun ketika berat badanmu mulai turun joging pasti akan terasa lebih mudah karena tubuhmu lebih ringan dari sebelumnya. Tak lupa pujian dari teman-teman juga hal yang menyenangkan dan membuat kita lebih semangat lho!

Selain tubuhmu lebih ringan, biasanya tubuhmu juga jadi tidak mudah lelah. Dengan terbiasa olahraga akan melatih tubuhmu bergerak lebih banyak yang artinya tubuhmu lebih aktif dan terbiasa dengan aktifitas ekstra lainnya.

Pencernaan lebih lancar

Setelah terbiasa makan sayur dan buah-buahan secara rutin tubuhmu akan berterimakasih karena tidak hanya perncernaanmu saja yang jadi lebih lancar tapi juga banyak manfaat dari sayuran dan buah-buahan yang bisa kamu dapatkan.

Tentu setiap hal ada suka dan dukanya. Untuk menurunkan berat badan kamu memang harus melewati serangkaian proses duka, tapi nanti pasti kamu suka hasilnya deh!

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Ini Kalau Tidak Mau Perut Kamu Semakin Buncit!​

Tagged in:
Meylisa Agustina
Lady on Duty. Suka banget hal yang berkaitan dengan Jepang, tapi tetep cinta Indonesia. Hobi sama dunia fotografi dan tulis menulis.
Share this article

Artikel Terkait