Kawaii Beauty Japan

Diet

6 Alasan Lemak di Perutmu Susah Hilang

Penasaran kenapa lemak di perutmu susah sekali dihilangkan? Bahkan ketika kamu sudah diet dan rajin olahraga, mungkin saja kamu memilih makanan dan olahraga yang tidak tepat. Ini dia alasannya!

Santi Berlinawati

Lemak di perut itu seperti mimpi buruk. Bagian tubuh yang satu ini memang menentukan sekali penampilan seorang wanita. Perut rata dan pinggang yang kecil, siapa yang tidak mau? Tapi sayangnya susah sekali menghilangkan gelambir lemak di perut. Ternyata ada berbagai macam faktor yang menyebabkan lemak perut lebih sulit dihilangkan lho! Cek 6 alasan ini bila kamu belum sukses juga hilangkan lemak di perut:

BACA JUGA: 4 Hal Tidak Sehat yang Membuat Dietmu Tidak Bisa Sempurna

Terlalu Banyak Makan Makanan Olahan

Seorang ahli diet di Cleveland Clinic, Kate Patton menyebutkan jika gandum yang dihaluskan seperti yang digunakan pada roti tawar putih, crackers dan chips, serta gula pasir dalam minuman dan hidangan penutup bisa meningkatkan inflamasi pada tubuh kita. Lemak perut sering dikaitkan dengan inflamasi sehingga terlalu banyak konsumsi makanan olahan semacam itu akan menghambat tubuh untuk menghilangkan lemak perut. Makan makanan alami seperti sayur, buah dan whole grain lebih dianjurkan karena kaya akan antioksidan dan mempunyai kandungan anti-inflamasi sehingga dapat mencegah lemak perut. 

Bertambah Tua

Usia berpengaruh pada proses penambahan dan penurunan berat badan. Baik wanita ataupun pria mengalami penurunan tingkat metabolisme, yaitu jumlah kalori yang diperlukan tubuh untuk dapat berfungsi secara normal, terlebih lagi wanita mengalami menopause yang membuat produksi hormon estrogen dan progesteron menurun serta meningkatnya hormon testosteron. Michael Jensen, MD, seorang profesor dari divisi endokrinologi di Mayo Clinic mengatakan bahwa hal itu bisa menyebabkan wanita cenderung lebih gemuk terutama di bagian perut.

Dilanda Stres

Stres bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, apapun penyebabnya stres dapat menghalangi upayamu untuk menurunkan berat badan terutama pada bagian perut. Bukan hanya karena kamu melampiaskan stresmu pada camilan tinggi lemak dan kalori, namun juga karena hormon stres kortisol yang akan menambah lemak serta memperbesar sel-sel lemak di dalam tubuhmu.

BACA JUGA: Stres dan Jerawat? Apa Hubungannya?

Memilih Latihan Yang Tidak Tepat

Sudah berolahraga terus tapi masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan? Mungkin kamu memilih latihan yang kurang tepat. Sangeeta Kashyap, MD, ahli endokrinologi dari Cleveland Clinic menjelaskan bahwa kita butuh kombinasi antara latihan beban dan kardiovaskular. Latihan beban akan menambah massa otot. Hal ini penting karena ototlah yang membakar lebih banyak kalori dibandingkan lemak. Jadi semakin besar massa ototmu semakin banyak pula kalori yang bisa kamu bakar secara alami. Coba saja jadwalkan latihan dengan intensitas moderat selama 250 menit per minggu atau latihan dengan intensitas tinggi selama 125 menit per minggu.

Mengkonsumsi Jenis Lemak Yang Salah

Jenis lemak yang berbeda diproses dengan cara yang berbeda pula oleh tubuh kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingginya konsumsi lemak jenuh (seperti yang ada pada daging dan susu) akan menyebabkan kegemukan, sedangkan lemak tak jenuh tunggal (seperti minyak zaitun dan alpukat) dan lemak tak jenuh ganda (terutama omega-3 pada kenari, biji bunga matahari dan ikan berlemak seperti salmon) lebih menguntungkan karena memiliki efek anti-inflamasi di dalam tubuh.

Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata juga dapat berpengaruh pada berat badan. Kalau kamu salah satu dari mereka yang tidur kurang dari 6 jam, hal yang mudah untuk mengecilkan lingkar pinggangmu adalah dengan tidur lebih banyak. Sebuah studi yang dilakukan pada 70.000 wanita menemukan bahwa wanita yang hanya tidur selama 5 jam atau kurang memiliki resiko 30% lebih besar untuk bertambah berat badannya sebanyak 30 pon atau lebih. Waktu yang tepat untuk tidur bagi orang dewasa adalah selama 7 sampai 8 jam seperti yang direkomendasikan The National Institutes of Health.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Tidur Nyenyak Dalam Setiap Suasana

Namun, tidak hanya merubah pola hidupmu saja tapi kamu tetap harus menjaga konsumsi makananmu. Mengkonsumsi terlalu banyak lemak dari jenis apapun tetap saja akan menaikkan berat badan, jadi kendalikan porsi konsumsi lemakmu dan jangan sampai berlebihan ya, ladies!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait