Kawaii Beauty Japan

Health

Benarkah Keringat Berlebih Baik Untuk Tubuh?

Berkeringat memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi seberapa banyak keringat yang kamu keluarkan? Hati-hati jika keringatmu berlebihan! Bisa saja itu tanda kamu memiliki penyakit jantung!

Yenni Octavia

Untuk kamu yang mencintai olahraga seperti lari, jogging, atau mungkin gymnastics tentunya sudah familiar dengan tubuh yang berkeringat bukan? Berolahraga, atau berkeringat dianggap dapat menyehatkan tubuh, karena berarti tubuh mengeluarkan cairan yang dihasilkan dari aktivitas. Berikut ini manfaat dari berkeringat:

Membersihkan Pori – Pori Kulit

Seperti yang kamu ketahui, berkeringat memang berfungsi untuk mendetoks racun – racun yang ada di dalam tubuh. Dengan berkeringat, kamu bisa menghilangkan racun yang terdapat pada pori – pori kulit. Racun – racun tersebut akan mengalir keluar dan pori – pori kulit pun menjadi lebih bersih. Dalam proses ini, pori – pori akan tebuka dan kamu akan terhindar dari masalah jerawat dan masalah kulit lainnya.

Menstabilkan Suhu Tubuh

Apakah kamu sering merasa sedikit gerah dan mengeluarkan keringat setelah berolahraga? Tenang saja, karena itu adalah hal yang wajar. Tidak lama setelah tubuh terasa gerah, suhu tubuh akan turun dan stabil dengan sendirinya, karena dengan berkeringat justru membantu mendinginkan panas tubumu, suhu tubuh akan stabil dan baik untuk kesehatan tentunya.

 

Selain memiliki manfaat, berkeringat secara berlebihan ternyata bisa menimbulkan bahaya lho.

Menderita Tiroid

Apakah telapak tanganmu sering basah karena keringat? Kamu harus mulai mewaspadainya, karena bisa saja itu tanda kamu terkena penyakit tiroid. Terlalu banyak berkeringat bisa jadi disebabkan karena kerusakan kelenjar tiroid. Bila telapak tanganmu sering basah karena berkeringat, segera periksakanlah ke dokter agar tidak berakibat serius.

Serangan Jantung

Kamu salah kalau berpikir orang yang terkena serangan jantung hanya mereka yang berusia lanjut. Faktanya, banyak orang berusia dibawah 40 tahun terkena serangan jantung. Banyak berkeringat disertai dengan nyeri otot dan mual merupakan salah satu tanda seseorang akan mengalami serangan jantung.

Menopause

Mungkin kamu belum merasakannya sekarang, tapi bila kamu sudah berada pada usia menjelang 50 tahun, waspadailah keringat berlebihan pada tubuhmu. Berkeringat dan hot flashes (sensasi terbakar) adalah gejala umum menjelang menopause yang disebabkan gangguan hormonal.

Tenyata berkeringat terlalu bisa membuat sehat merupakan sebuah mitos. Keringat berlebih merupakan tanda bahwa kita sedang menderita suatu gejala penyakit. Jika anda merasa sering mengalami keringat berlebih, sebaiknya segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah terjadinya kemungkinan buruk.

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait