Kawaii Beauty Japan

Makeup

Tebalkan Alis Dengan Serum, Efektif Nggak Sih?

Tren tampil cantik alami sepertinya masih terus berlanjut, termasuk tren alis tebal yang saat ini banyak digandrungi. Penggunaan serum alis juga diyakini bisa mempertebal alis, benarkah demikian?

Santi Berlinawati

Untuk mempercantik alis, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan sentuhan makeup. Dalam sekejap, alis tipis berubah menjadi tebal dan cantik. Akan tetapi, tampilannya akan terlihat kurang natural dibandingkan dengan memeiliki alis yang memang tebal dan lebat. Selain itu, cukup merepotkan jika harus berulang kali menggambar alis setiap kali keluar rumah. 

BACA JUGA: Tutorial Menggambar Alis oleh Theresia Feegy

Beruntunglah kamu yang memiliki alis tebal dan alami, karena kamu hanya perlu merapihkannya saja. Saat ini banyak beredar produk-produk serum yang diklaim dapat mempertebal alis. Apa abenar serum tersebut bisa mempertebal alismu? Seberapa efektifkah serum tersebut dalam mempertebal alismu? Yuk Intip informasi yang satu ini!

Macam-macam Serum Alis      

Ada berbagai macam jenis serum yang dijual di pasaran. Charity Engebretsen, pemilik Master Lash By Charity menyebutkan 2 macam serum alis dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing:

Serum Prescription

Produk serum yang memerlukan Rx memang dapat menghasilkan alis yang lebih panjang, tebal, dan gelap. Namun produk-produk tersebut memiliki efek samping negatif. Engenbretsen mengatakan bahwa produk-produk itu dapat menghitamkan atau membuat kulit di bawahnya gelap dan kering. Di samping itu, ketika kamu berhenti menggunakan produk tersebut, alismu akan rontok.

Jenis serum seperti ini bekerja dengan cara membuat alis berpikir bahwa saat ini adalah fase tumbuhnya rambut-rambut alis dengan menggunakan hormon topical. Ketika kamu sudah tidak menggunakannya lagi, folikel pada alismu berpikir bahwa mereka sedang dalam masa istirahat. Saat itulah semua rambut alismu akan rontok, meskipun tak lama kemudian rambut-rambut itu akan tumbuh lagi.

BACA JUGA: Ini Dia Daftar 68 Kosmetik Berbahaya dari BPOM

Produk ini seolah-olah ingin membuat kita mau tidak mau harus memakainya terus jika tidak ingin alis rontok. Engenbretsen juga menambahkan bahwa produk-produk yang mengandung sodium hidroksida selain bisa mengakibatkan iritasi pada mata dan kulit, juga bisa menyebabkan rambut rontok. Bahan ini sering digunakan untuk membuat produk lebih awet.  

Serum OTC

Kandungan bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan pada produk-produk ini, termasuk minyak esensial dan vitamin C yang bisa berfungsi sebagai kondisioner bagi alismu. Namun hal tersebut tidak banyak berpengaruh pada tumbuhnya rambut-rambut alis. Pada saat membeli, periksalah kemasan apakah produk tersebut mengandung peptida dan biotin, karena kedua zat tersebut cukup efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut alis.

Peptida adalah rantai asam amino,” kata Engenbretsen. Dia menjelaskan bahwa ketika rantai tumbuh semakin panjang, rantai tersebut akan menjadi protein yang akan menjadikan alismu semakin tumbuh lebat.

Tips Memakai Serum Alis

Yang perlu diperhatikan pada saat memakai serum alis adalah kamu harus menyikat alismu dengan kuat agar terjadi sirkulasi pada area alis. Dengan demikian, serum dapat benar-benar meresap masuk ke dalam alis. Kamu harus memastikan bahwa serum sudah tepat berada pada rambut alis dan kulit di bawahnya, sehingga produk tersebut benar-benar bekerja.

Tertarik mempertebal alismu dengan serum alis? Pilih serum yang aman dan jangan lupa baca kandungan bahan-bahannya sebelum membeli.

BACA JUGA: Dapatkan Alis Lebih Rapi dan Alami dengan Cara Ini!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait