Kawaii Beauty Japan

Health

5 Hal Penyebab Munculnya Varises

Varises adalah musuh terbesar kita, para kawaii ladies. Berikut 5 hal yang harus hindari untuk terhindar dari varises

Leonita Nerisa

Pernah melihat orang yang area sekitar betisnya terlihat banyak urat-urat yang menyembul?  Atau mungkin kamu mengalaminya hal seperti ini? Urat-urat yang menyembul ini dinamakan varises. Kata varises berasal dari bahasa latin, yaitu memutar. Varises merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang fungsinya mengangkut darah dari seluruh tubuh dan kembali ke jantung.

BACA JUGA: Yuk Kenali Apa itu Varises!

Namun sering varises ini tiba-tiba timbul. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Keturunan

Varises biasanya terjadi pada saat dewasa dikarenakan terjadinya perubahan hormon dan bertambahnya berat badan. Namun jika varises terjadi ketika usia kita masih muda, kemungkinan besar, hal ini disebabkan oleh faktor keturunan.

Jarang Bergerak

Dengan sibuknya rutinitas sehari-sehari seperti duduk di depan komputer, membuat kita menjadi jarang bergerak sampai berjam-jam atau bahkan seharian. Ketika kita jarang bergerak, otot di sekitar pembuluh darah vena menjadi tidak mampu memompa darah secara maksimal.

Merokok

Sudah tidak diragukan lagi, kandungan zat yang terkandung dalam rokok memang berbahaya. Rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku dan membuat pembuluh darah mengalami penyempitan, sehingga dinding pembuluh tidak elastis lagi.

Terlalu Lama Berdiri

Berdiri terlalu lama membuat kaki kita terlalu berat untuk menahan tubuh dan membuat pembuluh vena berkerja ekstra untuk menahan berat badan kita. Bila sehari-hari berdiri terus menerus merupakan hal yang tak terhindarkan, usahan untuk tidak berdiri dalam posisi statis (diam) dalam waktu yang lama, usahkan untuk tetap bergerak, misalnya dengan berjalan di tempat agar otot kaki tidak terus menerus tegang.

Memakai high heels Terlalu Lama atau Sering

High heels memang membuat penampilan kita lebih menarik dan percaya diri. Tetapi, memakai hak sepatu yang terlalu tinggi bisa membuat otot tumit yang berfungsi untuk membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak maksimal. Otot-otot pada kaki juga akan menjadi tegang yang merupakan pemicu terjadinya varises. Usahakan untuk tidak memakai high heels lebih dari dua jam ya, ladies.

Nah, agar kakimu terbebas dari varises, trik sederhana yang dapat dilakukan untuk meringankan maupun mencegah varises adalah dengan memanfaatkan gravitasi dengan meninggikan posisi kaki. Lakukan hal ini setiap kali kaki terasa pegal. Namun tetap saja, sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya varises ya, ladies.

BACA JUGA: Cegah Varises Sebelum Terlambat!

Tagged in:
Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait